infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Pemdes Sungai Pandan Tengah Dorong Ekonomi Kemandirian Desa

Pemdes Sungai Pandan Tengah Dorong Ekonomi Kemandirian Desa

Amuntai, infobanua.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Pandan Tengah, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendorong kalangan pemuda agar memiliki keterampilan dan kemandirian didesa dalam membantu perekonomian keluarga.

“Agar SDM masyarakat Desa Sungai Pandan Tengah mempunyai keterampilan yang banyak,” ucap Kepala Desa Sungai Pandan Tengah, Muhammad Syarifuddin saat disela kegiatan, Rabu (2/11/2022).

Ia menyebut alasan dipilihnya pelatihan tata boga, agar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di bidang kuliner, Selain itu juga digelar pelatihan penggunaan digitalisasi secara daring agar mereka bisa memasarkan produk melalui berbagai aplikasi e-commerce seperti beragam lokapasar yang ada di tengah masyarakat.

“Sebanyak 20 orang Perempuan di Desa Sungai Pandan Tengah  mengikuti pelatihan tata boga selama beberapa hari kedepan. Pihak MC Organizer akan membimbing peserta sampai berhasil mengembangkan usaha kuliner sendiri.” jelasnya.

Lebih lanjut Syarifuddin mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tata boga ini dari berbagai profesi seperti; ibu rumah tangga, pedagang dan pengrajin keterampilan lainnya.

“Artinya dengan adanya keterampilan (tata boga) ini meningkatkan ekonomi, maka kesejehteraan akan tercapai,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Centra Boga Marisa Catering, Elisa Ramadhani mengatakan, dengan mengikuti pelatihan tata boga ini para peserta nantinya bisa membuka usaha sendiri dari hasil pelatihan ini sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa dan berpotensi membangun Bumdes Desa.

Fai

Bagikan:

Iklan