infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Diskominfotik Gelar Literasi Media Dorong Percepatan Pembangunan Daerah

Diskominfotik Gelar Literasi Media Dorong Percepatan Pembangunan Daerah

Banjarmasin, infobanua.co.id – Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar membuka kegiatan literasi media guna mendorong pembangunan daerah yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (29/11/2022).

Kegiatan yang pesertanya diikuti bagian kehumasan dan insan media ini menghadirkan Staf Ahli Kementeri PAN RB Bidang Politik dan Hukum Muhammad Imanudin, Redaktur Pelaksana Portal Berita Info Publik Taofik Rauf dan Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

Kegiatan dengan tema Humas dan Media Kudu Baperan (Beritain Pemerintahan) diikuti perwakilan humas se Kalsel dan media cetak elektronik berlangsung selama dua hari, Selasa hingga Rabu, 29-30 November 2022.

“Kegiatan ini begitu strategis guna menyelaraskan pemberitaan pembangunan pemda. Saya mengapresiasi Diskominfotik Kalsel atas terselengaranya acara ini,” ujarnya.

Kata Roy, literasi digital tentunya dapat membuka wawasan pemerintah dengan media, agar dapat saling bersinergi dalam rangka percepatan diseminasi informasi publik kepada masyarakat. Dengan berkembangnya berbagai macam platform informasi di jagad maya, maka tak jarang ditemui berbagai macam berita bohong atau hoaks.

“Informasi yang tidak lengkap kemudian dijadikan narasi untuk menggiring opini publik sudah sering kita temui beredar di internet hal ini harus diantisipasi,” katanya.

Menurut Roy, besarnya penggunaan media oleh masyarakat masih belum dibarengi dengan sikap kritis terhadap media. Masyarakat perlu dibekali dengan Literasi Media, yaitu kemampuan mengakses, mencari, maupun menganalisis informasi serta komunikasi dalam segala bentuk media.

“Lewat kegiatan ini dapat terjalin sinergi dalam agenda setting pemerintah dan media dalam upaya diseminasi informasi untuk percepatan pembangunan daerah,” katanya.

Ida/IB

Bagikan:

Iklan