infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Tingkatkan Kualitas dan Inovasi Daerah, Pemko Banjarmasin Luncurkan Aplikasi SAPIDa

Tingkatkan Kualitas dan Inovasi Daerah, Pemko Banjarmasin Luncurkan Aplikasi SAPIDa

Banjarmasin, infobanua.co.id – Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) melaksanakan kegiatan Launching dan Sosialisasi Aplikasi Sistem Analis Pelaporan Inovasi Daerah (SAPIDa), berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu 11/01/23.

Aplikasi SAPIDa itu dilaunching langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, SH. MM, turut hadir, Kepala Bappeda Litbang, Ahmad Syauqi, M.Si, Kepala Bagian Organisasi, Eka Rahayu Normasari, ST., MM, narasumber serta jajaran terkait.

Kepala Bappeda Litbang, Ahmad Syauqi, M.Si menjelaskan tujuan pelaksanaan tersebut dalam rangka memperkenalkan Sistem Aplikasi Analisa Pelaporan Inovasi Daerah (SAPIDa) kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin.

“Kemudian, mengimplementasikan sistem ini menjadi wadah atau tempat untuk mengumpulkan data-data informasi, inovasi sebagai satu kesatuan sistem dengan basis data inovasi daerah Pemerintah Kota Banjarmasin,” jelasnya.

Syauqi berharap, dari pelaksanaan kegiatan itu adanya pemahaman terhadap inovasi daerah yang lebih detil, lebih mendalam dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi di  lingkungan Pemko Banjarmasin.

“kemudian adanya peningkatan kerja sama dengan berbagi data, berbagi inovasi dan memiliki keseragaman dalam meningkatkan kematangan inovasi daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengatakan apliksi SAPIDa itu menghimpun beberapa inovasi yang disampaikan oleh SKPD, perorangan, maupun masayakat yang nantinya akan diukur tingkat kematanganya.

“Aritinya bisa dilaksanakan atau tidak, nah nanti itu akan diukur sehingga nanti akan terjaring inovasi-inovasi yang tidak asal-asalan yang bisa diterapkan, inovasi ini berkaitan dengan layan publik, administrasi dan hal-hal lain,” terangnya.

Kemudian, Ia menambahkan apilkasi tersebut sangat bermanfaat untuk menjalin inovasi yang bagus yang ada dimasing-masing SKPD, “Aplikasi yang di launching hari ini akan dihimpun, menjaring, kemudian menelaah inovasi-inovasi yang disampaikan masing-masing SKPD, saya rasa ini sangat bermanfaat,” tutupnya.

Id/IB

Bagikan: