infobanua.co.id
Beranda Blitar Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan Patroli Kawal Hak Pilih

Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan Patroli Kawal Hak Pilih

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin.

Blitar, infobanua.co.id – Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tepat sasaran. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, melakukan patroli kawal hak pilih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin, mengatakan, sebagai fungsi pengawasan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang telah dibuka dengan ditandai Apel Patroli Kawal Hak Pilih sejak Senin 27 Februari 2023 lalu, maka Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan patroli kawal hak pilih.

“Tujuan dari Patroli ini adalah untuk menjaga hak konstitusional warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai hak pilih agar terdaftar didalam daftar pemilih, sehingga tidak ada lagi warga yang kehilangan hak pilihnya,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin, Senin 06-03-2023.

Sementara Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Blitar, Priya Hari Santosa, menuturkan, dalam tugas patroli tersebut, Bawaslu telah menyiapkan sejumlah personel yang terdiri dari pengawas tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Keluragan yang ada di wilayah Kabupaten Blitar.

“Dari hasil pemetaan sementara, terdapat sejumlah kelompok warga masyarakat belum masuk kedalam daftar pemilih, karena menempati suatu wilayah atau tempat tinggal, tapi dokumen kependudukannya tidak dilokasi tempat tinggal, sehingga menjadi prioritas dalam Patroli ini,” jlentrehnya.

Lebih dalam Priya menerangkan, jika pihaknya juga akan melakukan Patroli hingga ke pelosok wilayah Kabupaten Blitar paling pinggir, karena daerah tersebut rentan terlewatkan ketika pencatatan dan pemutakhiran daftar pemilih.

“Selain daerah pinggiran, kelompok disabilitas dan berkebutuhan khusus juga menjadi prioritas kami ketika melakukan Patroli,” pungkasnya.

(Eko.B).

Bagikan:

Iklan