infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Sosialisasi Pembinaan Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Anggota Pramuka Kabupaten HST

Sosialisasi Pembinaan Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Anggota Pramuka Kabupaten HST

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi saat membuka Sosialisasi Pembinaan Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota Pramuka Kabupaten HST Tahun 2023 bertempat di Aula RSUD H. Damanhuri Barabai,

Barabai, infobanua.co.id Hal tersebut disampaikan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi saat membuka Sosialisasi Pembinaan Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota Pramuka Kabupaten HST Tahun 2023 bertempat di Aula RSUD H. Damanhuri Barabai, Kamis (25/5/2023).

Bupati Aulia dalam sambutannya menyampaikan, Wawasan kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah di dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya para anggota pramuka serta meningkatkan peran serta para anggota pramuka dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa juga cinta bangsa Indonesia” ujarnya.

Bupati Aulia menjelaskan, selain wawasan kebangsaan juga terdapat istilah bela negara yang harus dipelajari dan di praktekkan oleh seluruh unsur lapisan masyarakat, bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik luar maupun dalam negeri.

“Dengan kesadaran cinta tanah air dan Bangsa Indonesia, para peserta yang hadir diharapkan memiliki kesadaran untuk membela negara dengan kapasitasnya masing-masing dan menjunjung  tinggi pancasila sebagai dasar negara dan jati diri bangsa,”tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Mardiyono melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan untuk menumbuhkan dan memperkuat kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah-tengah gempuran informasi global yang bisa mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai pancasila serta melatih generasi muda agar memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya baik intelektual maupun spiritual” tambahnya” katanya.

Sebagai Narasumber adalah Kepala Badan Kesbangpol Mardiyono, Ketua Kwartir Cabang Hulu Sungai Tengah  H Ainur Rafiq dan Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Jimmy Kurniawan. Dengan jumlah Peserta 100 orang dari anggota pramuka Kabupaten Hulu Sungai Tengah,

Dil/IB

Bagikan:

Iklan