Bupati Kotim Resmi Buka, Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa
Sampit, infobanua.co.id – Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Pembangunan Desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Kotim dan di hadiri Kades se-Kotim, Senin (5-6-2023).
Selain Kades se-Kotim hadir juga Bupati Koti, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktur Pengawasan Akuntabilitas keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa BPKP RI, Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Forkopenda Kotim, Wakil Bupati, Sekda Kotim, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Kotim, Camat se-Kotim.
Dalam kesempatan kegiatan tersebut Bupati Kotim, Halikinnor menyampaikan selamat datang kepada seluruh narasumber dan Halikinnor juga merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Kalteng yang melaksanakan kegiatan Workshop di Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit.
“Dalam kegiatan saya berharap dapat meningkatkan pengetahuan bagi perangkat daerah yang terkait, camat dan kepala desa dalam melakukan pembinaan,pengawasan, dan pengelolaan desa.”Harap Halikinnor.
Lebih lanjut disampaikan desa di Kabupaten Kotim yang berjumlah 168 desa dan 17 kecamatan dengan anggaran yang diterima desa, baik dari APBN maupun APBD dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Pada tahun 2022 menerima transfer Dana Desa (DD) sebesar Rp 144.196.324.000; dan tahun 2023 menerima transfer Dana Desa (DD) Rp 149.075.731.000; mengalami kenaikan sebesar Rp 4.879.407.000;.
Untuk Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2022 juga mengalami kenaikan sebesar Rp 88.680.602.400; sedangkan tahun 2023 kenaikan menjadi Rp 109.050.053.200; atau mengalami kenaikan sekitar Rp 20.369.450.800.
“Disetiap kesempatan kegiatan desa saya selalu mengingatkan kepada Inspektorat dan camat serta BPD agar selalu melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa.” Ujar Bupati Kotim ini dan langsung membuka kegiatan.
Zainal.