infobanua.co.id
Beranda Health Keysha: Program JKN Pilihan Tepat Untuk Perlindungan Kesehatan Keluarga

Keysha: Program JKN Pilihan Tepat Untuk Perlindungan Kesehatan Keluarga

Keysha Zachira Shofa Cahyanegara (21) yang kala itu tengah mengurus kepesertaan diri dan keluarga di MCS BPJS Kesehatan Kota Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id  – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak tahun 2014 hingga saat ini semakin membuat masyarakat sadar akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Mahalnya biaya berobat membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri menjadi Peserta JKN untuk melindungi dan menjamin pembiayaan pelayanan kesehatan bagi diri sendiri maupun keluarga. Hal tersebut yang disadari oleh Keysha Zachira Shofa Cahyanegara (21) yang kala itu tengah mengurus kepesertaan diri dan keluarga di MCS BPJS Kesehatan Kota Banjarmasin.

Keysha mengungkapkan bahwa mahalnya biaya kesehatan saat ini tidak hanya memberikan dampak kepada kalangan masyarakat dengan pendapatan rendah, bahkan msayarakat yang ekonominya baik pun akan menjadi masalah bila harus dihadapkan dengan masalah biaya pelayanan kesehatan.

“Setiap orang pastinya memiliki resiko yang kemungkinan akan terjadi seperti sakit, ketidakpastian biaya pelayanan kesehatan juga sangat beragam yang membuat setiap orang khawatir bila sewaktu-waktu sakit dan harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Oleh karena itu untuk meminimalisir resiko tersebut setiap orang haruslah memiliki jaminan kesehatan, dan pilihan terbaik menurut saya adalah menjadi Peserta JKN,” kata Keysha.

Keysha menjelaskan dirinya dan orang tuanya sebelumnya telah terdaftar sebagai Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dimana dirinya dan keluarga terdaftar di diperusahaan tempat orang tuanya bekerja. Namun setelah orang tuanya keluar dari perusahaan, kepesertaanya dirinya dan keluarga otomatis menjadi non aktif.

“Saat tahu kepesertaan kami telah non aktif karena sudah keluar dari perusahaan, saya bergegas untuk segera mengurus kepesertaan kami agar kepesertaan kami aktif kembali. Beruntung ternyata sedang ada pelayanan MCS dekat tempat tinggal saya. Saya langsung berkunjung ke MCS dan Alhamdulillah urusan saya bisa diselesaikan di mobil pelayanan MCS ini,” ungkap Keysha.

Keysha menjelaskan dirinya sadar jaminan kesehatan sangatlah penting terlebih saat itu orang tuanya memang sedang berencana berobat karena adanya keluhan kesehatan yang dimilikinya.

“Tentu saja saya sangat sadar betul pentingnya memiliki jaminan kesehatan, apalagi memang orang tua saya berencana akan berobat ke rumah sakit. Pastinya kami memerlukan Program JKN karena berdasarkan pengalaman pribadi dan kerabat terdekat, setiap kali berobat menggunakan Program JKN kami tidak pernah mengeluarkan biaya sama sekali karena sudah dijamin oleh program ini. Apalagi orang tua saya baru saja keluar dari perusahaan, pastinya akan menjadi beban bagi kami bila harus membayar sendiri biaya pengobatan yang mahal,” ujar Keysha.

Keysha menjelaskan dengan percaya diri bahwa dirinya dan keluarga mempercayakan kesehatan keluarga pada Program JKN karena mereka sudah tahu benar manfaat yang sangat luar biasa yang dihadirkan oleh program ini.

“Tidak ada keraguan menjadi Peserta JKN, jaminan yang tidak pandang bulu, asalkan sesuai indikasi medis dan sesuai prosedur kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Darimana lagi kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan iuran yang murah seperti Program JKN ini,” ucap Keysha.

Di akhir perjumpaan Keysha mengajak masyarakat yang masih belum terdaftar sebagai Peserta JKN untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta.

“Jangan sampai rugi, pemerintah sudah menyediakan program yang luar biasa untuk masyarakatnya bila mengalami sakit. sakit tidak tahu kapan akan datang dan bila ternyata sakit itu ternyata datang, jangan sampai kita belum punya Program JKN karena pastinya kita akan terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan nantinya,” tutup Keysha. (YG/gn)

Bagikan:

Iklan