infobanua.co.id
Beranda Health Rahmat: Sudah Banyak Keluarga Yang Bergantung Pada Program JKN

Rahmat: Sudah Banyak Keluarga Yang Bergantung Pada Program JKN

Rahmat (35) dan keluarga menjadi saksi atas pernyataan tersebut. Dirinya dan keluarga telah terdaftar sebagai Peserta JKN segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 2 dan telah memercayakan jaminan kesehatan keluarganya pada Program JKN.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dipercaya telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Rahmat (35) dan keluarga menjadi saksi atas pernyataan tersebut. Dirinya dan keluarga telah terdaftar sebagai Peserta JKN segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 2 dan telah memercayakan jaminan kesehatan keluarganya pada Program JKN.

“Saya sudah memercayakan jaminan kesehatan saya dan keluarga dengan Program JKN sejak lima Tahun yang lalu. Saat keluarga saya memerlukan pengobatan di fasilitas kesehatan (faskes) saya selalu mengandalkan program ini. Beberapa kali saya dan istri berobat mulai dari rawat jalan hingga pernah rawat inap, kami selalu menggunakan program ini sehingga kami tidak perlu memikirkan biaya yang biasanya menjadi momok yang menakutkan bila orang ingin berobat ke dokter atau ke rumah sakit,” ucap Rahmat.

Yang terbaru saat ini Rahmat tengah menemani sang istri yang baru saja menjalani persalinan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Dan Lagi-lagi Rahmat dan keluarga tidak mengeluarkan biaya tambahan sama sekali karena biaya persalinan istri dan anak telah dijamin oleh Program JKN.

“Rencananya istri saya ingin menjalani persalinan secara normal, namun saat diperiksa oleh dokter kondisi istri saya tidak memungkinkan untuk menjalani persalinan secara normal dan harus melalui operasi caesar. Kami tahu biaya operasi Caesar mahal dan bila mengandalkan biaya pribadi pastinya cukup memberatkan kami. Beruntung ada Program JKN dan semua proses persalinan istri saya ditanggung oleh program ini, kami tidak perlu memikirkan biaya lagi,” kata Rahmat.

Diakui oleh Rahmat jika selama mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan jaminan Program JKN, pelayanan yang diterimanya sangat baik. Tidak ada perbedaan pelayanan untuk pasien umum dan JKN. Bahkan pelayanan administrasi pun juga dilalui dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

“Sejauh saya menggunakan JKN untuk keperluan berobat saya selalu mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Hal ini lah yang makin memantapkan saya untuk memercayakan kesehatan keluarga saya dengan pada program ini. Bahkan bayi yang baru dilahirkan pun bisa langsung didaftarkan menjadi Peserta JKN langsung di rumah sakit tempat istri saya sedang dirawat. Ada tempat pelayanan informasi BPJS Kesehatan juga jadi kami bisa lebih mudah mendapatkan informasi penting yang perlu kami ketahui terkait pelayanan,” ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan dirinya meyakini tidak hanya keluarganya saja yang terbantu dan diringankan bebannya dengan adanya Program JKN ini. Dirinya berpendapat bahwa banyak keluarga dan orang di luar sana yang telah merasakan dan menggantungkan hidupnya pada Program JKN.

“Saya yakin di luar sana sudah banyak orang yang bergantung terhadap Program JKN. Dari lingkungan sekitar saya saja misalnya, ada yang harus menjalani cuci darah secara rutin, ada yang menjalani kemoterapi rutin, semuanya menggunakan Program JKN. Bayangkan berapa biaya yang harus mereka keluarkan jika menggunakan biaya sendiri, kita tahu perawatan itu sangat mahal dan harus dijalani secara rutin. Itu contoh kecil dari luar biasanya program ini,” tambah Rahmat.

Di akhir perbincangan dengan tim Jamkesnews, Rahmat menyampaikan harapannya agar Program JKN bisa terus terselenggara berkesinambungan untuk membantu setiap orang yang ingin berobat. Dirinya juga mengajak setiap orang yang masih belum sadar dan ragu terhadap pentingnya Program JKN untuk segera berperan aktif pada program ini dengan menjadi peserta dan rutin membayar iuran.

“Sakit tidak ada yang tahu kapan datangnya dan biaya berobat pun saat ini sangatlah mahal. Dengan menjadi Peserta JKN kita akan aman dan memiliki penjaminan yang pasti bila sewaktu-waktu kita sakit, tidak perlu dibebani dengan biaya lain-lain. Oleh karenanya segera lah menjadi Peserta JKN dan rutin membayar iuran. Walaupun tidak kita gunakan, pastinya akan berguna untuk peserta lain yang sedang membutuhkan, hitung-hitung kita bisa sedekah juga. Dan semoga dengan begini Program JKN bisa terus ada membantu setiap orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan tanpa dibebani oleh biaya lagi,” tutup Rahmat.

Bagikan:

Iklan