infobanua.co.id
Beranda Health Semangat Untuk Sembuh Dari Sakit Skizofrenia, Elisa Percayakan Pengobatan Dengan Program JKN

Semangat Untuk Sembuh Dari Sakit Skizofrenia, Elisa Percayakan Pengobatan Dengan Program JKN

Elisa Novianti (49). Elisa memanfaatkan Kepesertaan JKNnya sejak tahun 2021 untuk pengobatan penyakit skizofrenia di salah satu rumah sakit di Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memiliki berbagai keuntungan, selain kesehatan fisik, jaminan dan perlindungan terhadap kesehatan jiwa pun bisa didapatkan. Layaknya kesehatan fisik, kesehatan jiwa pun perlu diperhatikan. Gangguan terhadap kesehatan jiwa juga dapat mengganggu dan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu peserta yang sudah merasakan akses pelayanan kesehatan mental adalah Elisa Novianti (49). Elisa memanfaatkan Kepesertaan JKNnya sejak tahun 2021 untuk pengobatan penyakit skizofrenia di salah satu rumah sakit di Kota Banjarmasin.

Skizofrenia merupakan penyakit mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir. Orang dengan skizofrenia tidak bisa membedakan mana khayalan dan kenyataan. Penyakit ini juga menyebabkan pengidapnya tidak memiliki kemampuan untuk berpikir, mengingat, ataupun memahami masalah tertentu. Secara umum, skizofrenia adalah gangguan kejiwaan kronis yang membutuhkan pengobatan berkepanjangan untuk meringankan gejalanya.

“Saya selama ini rutin untuk melakukan pengobatan karena sering mengalami halusinasi. Gejala yang saya alami awalnya saya sering kesulitan untuk tidur dan sering merasakan cemas yang berlebihan. Atas saran keluarga saya pun mencoba untuk cek ke dokter dan akhirnya dirujuk ke rumah sakit. Saya bersyukur sekali selama pengobatan kurang lebih hampir dua tahun ini ditanggung penuh oleh JKN. Pelayanan yang saya dapatkan sangatlah baik, petugas maupun dokter melayani dengan cepat dan tanggap. Saya dilayani sama dengan pasien yang dengan biaya umum, tidak ada perbedaan pelayanan yang saya dapatkan selama ini. Sehingga saya senang menggunakan Program JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang rutin saya lakukan,” kata Elisa.

Elisa sangat berharap bisa dapat segera sembuh dari penyakit yang ia alami ini sehingga ia tidak perlu lagi untuk berobat secara rutin dan bisa melakukan aktifitas dengan normal kembali, karena saat ini dirinya tidak bisa beraktifitas secara normal karena terganggu dengan halusinasi yang sering dialami oleh diribnya. Elisa ingin dapat segera menikmati aktifitas seperti biasa dengan tenang tanpa harus berobat rutin seperti saat ini yang tengah dijalaninya.

“Tentu saja semua orang yang sedang sakit pasti ingin segera untuk sembuh. Karena sakit membatasi kita untuk beraktifitas secara normal. Alhamdulillah dengan berobat menggunakan JKN saya bisa lebih fokus menjalani pengobatan dan fokus untuk segera sembuh. Karena dengan program ini saya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus tanpa harus memikirkan biaya yang perlu dikeluarkan. Kondisi saya sudah mengalami peningkatan dibanding sebelum saya berobat, namun dokter masih tetap menyarankan untuk rutin terapi obat hingga kondisi saya benar-benar stabil,” ujar Elisa.

Elisa menjelaskan dengan pengalaman berobatnya selama ini dirinya tidak pernah merasa keberatan untuk rutin membayar iuran walaupun nanti dirinya bisa sembuh dari sakit yang sedang dideritanya saat ini.

“Untuk sekarang pastinya tidak keberatan untuk selalu membayar iuran setiap bulannya karena saya pun memang saat ini rutin memanfaatkan Program JKN untuk pengobatan sakit saya. Namun saya bertekad walaupun nanti saya sudah sembuh, saya akan tetap rutin memenuhi kewajiban saya untuk membayar iuran karena saya sudah tahu manfaat yang luar biasa dari program ini dan sewaktu-waktu bila saya sakit saya bisa Kembali menggunakannya, ya walaupun tentunya tidak berharap untuk sakit lagi. Saya juga tidak keberatan karena iuran yang dibayarkan walaupun kita tidak menggunakannya, akan berguna bagi peserta lain yang sedang membutuhkan pengobatan karena memang program ini yang saya tahu menerapkan sistem gotong royong. Intinya saya percaya dengan program ini yang bisa membantu semua orang yang membutuhkan pengobatan,” imbuh Elisa.

Di akhir perbincangan Elisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Program JKN dan berharap program ini bisa terus bertahan untuk membantu setiap orang yang membutuhkan pengobatan tanpa dipusingkan oleh biaya.

“Terima kasih kepada Program JKN yang sudah membantu saya menghadapi sakit yang saya derita. Program ini sangat luar biasa, saya harap program ini bisa terus berkesinambungan dan menjadi solusi bagi setiap orang yang hendak berobat tanpa dipusingkan oleh biaya kesehatan yang mahal,” tutup Elisa.

Bagikan:

Iklan