infobanua.co.id
Beranda KALTIM Wakil Bupati Berau Minta Masyarakat Dukung Perbaikan Jembatan Sambaliung

Wakil Bupati Berau Minta Masyarakat Dukung Perbaikan Jembatan Sambaliung

Kondisi terkini petugas sedang melakukan pengecekan dan perbaikan konstruksi jembatan Sambaliung. Foto Slf-IB.

BERAU, infobanua.co.id – Wakil Bupati Berau Gamalis meminta kepada masyarakat mendukung perbaikan jembatan penghubung Tanjung Redeb – Sambaliung yang saat ini dalam proses pengerjaan.

“Kepada masyarakat bersama-sama mendukung perbaikan jembatan supaya jauh lebih baik. Harapannya agar jembatan Sambaliung kedepan betul-betul dapat dilalui kendaraan masyarakat tanpa ada rasa was-was,” kata Gamalis usai pimpin rapat koordinasi Forkopimda, ruang RKPD Bapelitbang, Senin, 5/6/23.

Gamalis akan terus memantau proyek perbaikan jembatan Sambaliung agar selesai susuai target September 2023. Mengenai jalur penyebrangan kendaraan roda dua dan empat untuk sementara dialihkan ke LCT. Adapun penambahan kapal LCT yang diusulkan di rapat koordinasi Forkopimda.

“Usulan penambahan LCT  dikarenakan kapal kayu yang  digunakan berkapasitas tidak  memungkinkan, dinilai lambat. Sambil menunggu wacana penambahan LCT, kapal kayu saat ini sementara masi dipergunakan,” jelas Gamalis.

Terkait jadwal penyeberangan menggunakan kapal kayu dimulai jam enam pagi sampai enam sore. Begitu juga jadwal penyeberangan kapal LCT yang diberlakukan mulai jam empat pagi sampai dua belas malam.

“Kalau keadaan darurat (Emergency) diberlakukan 24 jam,” ungkap Gamalis.

Di sisi lain khusus penyeberangan orang tanpa kendaraan Gamalis mengatakan, akan ada beberapa bantuan alat trasnportasi sungai yang dipersiapkan, baik dari BPBD, Satpol PP dan pihak TNI serta speedboat dari pihak Dinas Parawisata.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Berau, Hendratno mengatakan, Berdasarkan simulasi dan pantauan animo masyarakat yang menyebrang sungai, penambahan LCT diperlukan begitupun dengan penambahan Jetty.

“Yang sebelumnya LCT hanya dua yang beroperasi nantinya akan ditambah dua unit, jadi total keseluruhannya yakni empat. Hal ini dipaparkan pihak DPRD sebagai salah-satu saran yang baik kepada Pemkab Berau melalui hearing DPRD Berau, selasa 6/6/23,” ungkap Hendratno.

Selanjutnya nanti akan diadakan rapat Breakdown (Perincian) terkait perbaikan jembatan, bersama Ferkopimda, di Dinas Perhubungan. (Slf/Adv)

Bagikan:

Iklan