Categories: Banjarbaru

39 Purna Paskibraka dikukuhkan Sebagai Duta Pancasila

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar melakukan pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kalsel Tahun 2023 di Gedung Idham Chalid, Setdaprov di Banjarbaru pada Kamis (1/6).

Pengukuhan ini dilakukan selepas pelaksanaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang digelar di lapangan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Sebanyak 39 Purna Paskibraka Pemerintah Provinsi Kalsel Tahun 2022 yang dikukuhkan sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila Tahun 2023.

Tampak hadir dalam pengukuhan itu Kepala Kesbangpol Pemprov Kalsel Heriansyah serta para pengasuh Purna Paskibraka Kalsel.

Sebagaimana diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan, Purna Paskibraka Duta Pancasila merupakan Role Model yang harus selalu berpedoman pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika dan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, bagian Paskibraka itu sudah tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Dalam Pasal 1 Perpres 51 tahun 2022 dimandatkan bahwa Paskibraka merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

BPIP juga memaparkan sejarah Paskibraka yang digagas oleh Bung Karno pada 1946 dengan meugaskan Ajudanya Mayor (Purn) Husein Mutahar untuk mencari Pemuda Pemudi dari seluruh penjuru Indonesia.

Karena keterbatasan pada tahun 1946 jumlah Paskibraka sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 Pria dan 2 Wanita.

kemudian pada tahun 1967 terdapat Inovasi Formasi yaitu 17 orang Pengiring (Pemandu), 8 orang Pembawa Bendera (Inti), dan 45 orang Pengawal, hal ini menunjukan simbol Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dil/IB

infobanua

Recent Posts

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 untuk Kategori Inovasi Automation dan Gaming

  Telkomsel mendapatkan pengakuan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 dengan "Indonesia Technology Excellence…

1 jam ago

Proyek Perdamaian di 170 Negara : HWPL Merayakan Satu Dekade Komitmen Global untuk Perdamaian

infobanua.co.id - Dimulai pada tanggal 18 September 2024, HUT ke-10 KTT Perdamaian Dunia HWPL dirayakan…

1 jam ago

Luar Biasa Personel Polsek Bangko Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Internasional

infobanua.co.id ROHIL - Patut diacungi jempol jajaran personel polsek bangko ungkap kasus Tindak Pidana Narkotika…

1 jam ago

Dewan Pers dan KemenPPPA Susun Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dewan Pers, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, sedang…

2 jam ago

Nol Desa Tertinggal, Desa Awang Bangkal Barat Contoh Desa Mandiri Berpotensi di Kalsel

Banjarbaru, infobanua.co.id - Kolaborasi antara pemerintah dan swasta/ lembaga non pemerintah disertai dengan komitmen masyarakat…

3 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud untuk Gerakkan Masa Depan Digital Indonesia

Jakarta, 17 September 2024 - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin…

4 jam ago