infobanua.co.id
Beranda TAPIN Bupati Tapin Arifin Arpan Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Bupati Tapin Arifin Arpan Lantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Bupati Tapin HM Arifin Arpan serahkan SK Kepengurusan FKDM Kab Tapin kepada ketua FKDM Tapin H Misran.

Rantau, infobanua.co.id – Bupati Tapin HM Arifin Arpan melantik dan mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan se Kabupaten Tapin Tahun 2023. Bertempat Pendopo Galuh Bastari Rantau. Senin (12/6/2023) kemarin pagi.

Turut hadir Tokoh Masyarakat H Syahrani atau Pambakal Isah, Sekda Tapin Sufiansyah, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kepala Kemenag Tapin Edy Khairani, Perwakilan Muspida Tapin, FKDM Prov Kalsel. Asisten dan Aspem serta Staf Ahli Bupati dan Kepala SOPD Lingkup Tapin dan Camat Se Tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pimpinan daerah mengucapkan selamat atas dilantiknya FKDM Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan se Kabupaten Tapin.

“Saya bangga dengan dilantiknya pengurus FKDM Kab Kecamatan dan Kelurahan se Kab Tapin, berharap paling tidak organsiasi FKDM dapat berkembang dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan ini saya berpesan kepada pengurus FKDM Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Tapin dapat menjalankan sesuai aturan yang telah diamanahkan.

“Kepada pengurus ada kerjasama yang baik sehingga organisasi dapat jalan, kemudian juga punya niat dan tanggung jawab dalam menjalankan organisasi,” pesan Bupati.

Selanjutnya dalam berorganisasi perlunya dibangun kesepahaman keterpaduan dan keserasian langkah antara pemerintah, masyarakat dan pihak terkait di daerah sebagai suatu strategi deteksi dan cegah dini dan terpelihara kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Sementara Ketua FKDM Kabupaten Tapin H Misran melaporkan, pengurus FKDM berjumlah 68 orang terdiri dari Pengurus Tingkat Kabupaten Tapin 5 orang, Kecamatan 36 orang, dan Keluraham 27 orang.

“Pengurus FKDM Kab 5 (lima) orang pengurus, kecamatan 36 orang, satu kecamatan diisi 3 (tiga) orang dari 12 Kecamatan Se Tapin dan kelurahan 27 orang satu kelurahan 3 orang pengurus dari 9 Kelurahan di kab Tapin,” ujarnya.

FKDM dibentuk sebagai wadah bagi elemen masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat dan pengurusnya bekerja ikhlas tanpa pamrih dan bertanggungjawab, tuturnya.

Dengan telah resmi pengurus FKDM Kabupaten, kecamatan dan Kelurahan diharapkan dapat terwujudnya situasi yang kondusif di Kabupaten Tapin meningkatkan kerukunan antar umat beragama dan turut membantu melaksanakan peraturan daerah demi terwujudnya semboyan Kab Tapin Ruhui Rahayu.

Kepala Kesbangpol Tapin Aulia Ulfah mengatakan, FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) ini merupakan organisasi yang sangat strategis dalam ikut serta menjaga stabilitas nasional Khususnya Daerah Tapin.

Tugas FKDM sebagai wadah bagi elemen masyarakat yang terbentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat, ujarnya.

Eksistensi FKDM ini dalam rangka mengantisipasi dinamika kebebasan masyarakat yang mana seperti diketahui bersama, sejak era reformasi sampai dengan sekarang ini terjadi euphoria kebebasan, sehingga mengakibatkan masyarakat mudah bergejolak yang dapat memicu konflik sosial.

“Oleh karenanya kehadiran FKDM sangat penting dan strategis,di tengah masyarakat dalam rangka upaya pencegahan dini jika terjadi kejadian yang dapat merusak instabilitas daerah maupun bangsa dan negara,” katanya.

Untuk ketahui bahwa pengurus dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dituntut untuk selalu bekerja keras dan tanpa pamrih.

“Sebagai anggota FKDM tidak ada kata lain selain kata siap sedia selalu untuk mengantisipasi kejadian yang sengaja mengacaukan wilayah maupun daerah,” pungkasnya.

Proses pelantikan dan pengukuhan penyerahan SK Bupati Tapin tentang Pengurus FKDM Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan kepada Ketua FKDM Kab Tapin H Misran.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan