infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Ajak Bubuhan Banjar di Jambi Bergandengan Tangan Bantu Pemerintah Setempat Dalam Pembangunan

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Ajak Bubuhan Banjar di Jambi Bergandengan Tangan Bantu Pemerintah Setempat Dalam Pembangunan

Paman Birin saat menggelar halal bihalal dan pengukuhan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (25/6) pagi.

Jambi, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak bubuhan Banjar di Jambi bergandengan tangan membantu pemerintah setempat dalam mengakselerasi pembangunan.

Hal ini disampaikan Paman Birin saat menggelar halal bihalal dan pengukuhan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (25/6) pagi.

“Pada momen ini saya berharap warga bubuhan Banjar membantu Pemerintah Provinsi Jambi untuk bergerak meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Paman Birin.

Paman Birin menekankan pentingnya peran Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di daerah-daerah lain di Indonesia dalam menjaga dan mendorong terciptanya silaturahmi yang kuat antara orang Banjar.

KBB harus menjadi agen perubahan yang memelihara dan mengembangkan kebersamaan serta kecintaan terhadap budaya Banjar di tengah-tengah perkembangan zaman, dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan Banjar, memperkuat identitas sebagai urang banua, di mana pun berada.

Paman Birin berpesan kepada bubuhan Banjar untuk bersama sama menjaga nilai nilai persatuan dan kesatuan dimana pun berada.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengaku terinspirasi dengan kepemimpinan Paman Birin yang dekat dengan masyarakat. Selain itu, kata Al Harus, Paman Birin juga membangun masjid serta membantu tempat-tempat ibadah lainya.

Gubernur Al Haris bercerita, sempat beberapa kali mengunjungi Kalsel dan berziarah ke makam KH Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul dan ke makam Syech Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan.

Gubernur Al Haris, meminta kepada masyarakat bubuhan Banjar agar tidak lupa akan leluhurnya.

“Meski kita telah merantau ke daerah lain tapi kita tidak boleh melupakan asal usul leluhur kita, ini sejarah yang tidak boleh dilupakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua KBB Provinsi Jambi Yusdi Anra mengatakan, saat ini bubuhan Banjar di Provinsi Jambi kurang lebih 135 ribu orang yang tersebar di 11 Kabupaten Kota. Terbanyak bermukim di Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

Menurutnya, dengan kepengurusan baru merupakan langkah strategis diawali dengan menyatukan orang Banjar dalam visi dan misi berkontribusi dalam pembangunan daerah dan tetap memelihara nilai nilai persatuan dan kesatuan.

Pada kegiatan tersebut Paman Birin juga melantik Kerukunan Bubuhan Banjar Provinsi Jambi periode 2023-2027.

Seperti kedatangan Paman Birin di daerah lain, silaturahmi KBB di Jambi ini, Paman Birin juga membawa oleh-oleh khas Banjar. Seperti Kue Bingka, kaos hingga Kain Sasirangan.

Warga bubuhan Banjar di Jambi yang hadir pun semua dapat oleh-oleh khas dari Paman Birin ini.

Turut hadir Istri Gubernur Kalsel Hj Raudatul Jannah, Pj Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan, Staf Khusus Gubernur Achmad Maulana, Taufik Arbain, Pengurus KBB se-Dunia Rusbandi serta sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan