infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Untuk Memperlancar Saluran Air Buangan, Dinas PUPR Nganjuk Lakukan Rehab Drainase dan Gorong-Gorong

Untuk Memperlancar Saluran Air Buangan, Dinas PUPR Nganjuk Lakukan Rehab Drainase dan Gorong-Gorong

Pelaksanaan pembersihan saluran air dan gorong-gorong di jalan kartini Kota Nganjuk untuk mencegah terjadinya genangan air atau banjir di Kota Nganjuk

Nganjuk, infobanua.co.id – Timbulnya genangan air atau banjir yang sering terjadi pada waktu hujan di kawasan Kota Nganjuk,membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk melakukan rehab drainase dan gorong-gorong.Hal tersebut dilaksanakan untuk memperlancar saluran air buangan ke saluran sungai tampungan ke embung.Tim Teknis Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Nganjuk.

Supriyanto menjelaskan perbaikan saluran air dan gorong-gorong tersebut dilakukan sepanjang 23 meter di Jalan Kartini Kota Nganjuk.

“Pekerjaan itu kami lakukan bersama tim dari Bidang Cipta Karya Sub Drainase dengan tujuan untuk mencegah banjir di Kecamatan Kota Nganjuk,” jelas Supriyanto,Senin (26/6/2023).

Seperti dikatakan Supriyanto,pengerukan ini dilakukan untuk melebarkan drainase.Hal tersebut setelah saluran drainase di Jalan Kartini Kota Nganjuk yang merupakan titik bertemunya beberapa saluran air dari drainase yang ada di Kecamatan Nganjuk.

“Di situ menjadi pusatnya,makanya banjir sering terjadi di Kecamatan Kota tersebut.Untuk itu kami laksanakan giat ini sebagai antisipasi menghadapi musim hujan nanti,” kata Supriyanto.

Supriyanto menambahkan hasil dari pengerukan saluran air dan gorong-gorong tersebut di antaranya ada sebanyak dua truk sedimen bercampur sampah plastik.Hal ini menunjukkan masih banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

“Makanya,kami tidak bosan mengimbau warga agar tidak membuang sampah di saluran air dan membuang sampat di tempat yang telah ditentukan,” tukasnya.

Supriyanto juga menerangkan,kedepan pihaknya berharap agar warga dapat ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.Terutama saluran drainase supaya aliran air berjalan lancar dan mencegah genangan air atau banjir.

“Jangan sampai Kota Nganjuk kembali terjadi air genangan atau banjir pada musim hujan nanti.Sehingga dari sekarang setelah dilakukan pembersihan saluran air dan gorong-gorong untuk dijaga bersama agar tidak tersumbat sedimen dari sampah,” tandas Supriyanto.

(prs)

Bagikan:

Iklan