infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Bupati Hadiri Kegiatan Ritual Adat, Hangkat Hambai Perdamaian

Bupati Hadiri Kegiatan Ritual Adat, Hangkat Hambai Perdamaian

Bupati Kotim,Halikinnor saat hadir dikegiatan ritual adat Hangkat Hambai Perdamaian. (Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor menghadiri kegiatan ritual adat ‘Hangkat Hambai Perdamaian’ yang digelar di Balai Basarah Kotim Senin (3-7-2023), Halikinnor saat itu hadir di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim, Fajrurrahman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim, Ellena Rosie dan Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kotim.

Dalam sambutannya Bupati Kotim, Halikinnor mengatakan dirinya memberikan apresiasi kepada tim sebelas serta majelis agama Hindu Kaharingan Pusat Palangkaraya dan juga Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kotim sudah menjadi keamanan dan kedamaian di Kabupaten Kotim.

“Dengan dilaksanakannya hangkat hambai perdamaian ini maka dapat mempererat tali silaturahmi antara pengurus lembaga agama dan lembaga adat supaya dalam mengambil langkah ke depan bisa membedakan mana ranah agama dan mana ranah adat,” ujarnya.

Halikinnor berharap kepada lembaga agama dan lembaga adat untuk tetap menjaga keberagaman serta keadatan supaya tidak hilang ditelan oleh zaman yang semakin berkembang pada saat ini, dan masa mendatang.

Acara Hangkat Hambai Perdamaian ini, jelasnya menandakan bahwa bukti dan kebersamaan dalam menjaga kebersamaan serta perdamaian yang sudah terjalin dengan baik di Kabupaten Kotim, dimana sejatinya hal ini dapat menjadikan lebih dewasa dan bijak dalam mengambil suatu keputusan.

“Seperti ilmu padi semakin berisi semakin merunduk. Acara hangkat hambai perdamaian yang diselenggarakan pada hari ini juga hendaknya dijadikan sebagai sarana intropeksi dan evaluasi diri membawa perubahan ke arah yang lebih baik Mari kita sama-sama mengambil hikmah dari hangkat hambai perdamaian ini,” ajaknya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan