infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Perhelatan BEN Carnival II, Kota Blitar, Banyak Menyedot Penonton

Perhelatan BEN Carnival II, Kota Blitar, Banyak Menyedot Penonton

Salah satu penampilan peserta BEN Carnival II.

Blitar, infobanua.co.id – Dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno 2023 serta menyambut HUT ke-78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemerintah Kota Blitar menggelar Event Blitar Ethnic National (BEN) Carnival II, Sabtu 15 Juli 2023.

Ribuan warga masyarakat baik dari Kota Blitar sendiri maupun dari luar daerah sangat antusias untuk menyaksikan event BEN Carnival II yang digelar disepanjang jalan Achmad Yani hingga jalan Merdeka, Kota Blitar, sejak pagi hingga sore hari.

BEN Carnival II diikuti oleh 54 kelompok peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga sekolah dan BUMN/BUMD di Kota Blitar.

Para peserta menampilkan beragam kesenian dan budaya baik tari, pakaian dan rumah adat khas Nusantara.

Pejabat dari beberapa daerah yang keseniannya ikut ditampilkan dalam event BEN Carnival II juga hadir langsung menyaksikan di Kota Blitar.

Sejumlah pejabat yang tampak hadir langsung menyaksikan event BEN Carnival II di Kota Blitar, diantaranya Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Bupati Berau, Kalimantan Timur dan Bupati Bangka Belitung.

BEN Carnival II dibuka langsung oleh Wali Kota Blitar, Santoso dan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Deputi Pemasaran Kemenparekraf, Dwi Marhain.

Perhelatan BEN Carnival II diawali dengan menampilankan Marching Band Bumi Bung Karno, dilanjutkan dengan penampilan peragaan busana Nusantara oleh pelajar se-Kota Blitar.

Kemudian menampilkan tarian jaranan dan barongan dari kampung jaranan Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Untuk peserta BEN Carnival II yang pertama tampil adalah Sekretariat Daerah Kota Blitar yang menampilkan Tarian Rampokan Macan khas Blitar, Provinsi Jawa-Timur, yang selanjutnya diikuti para peserta yang lain.

Tiap peserta diberikan kesempatan perform untuk menampilkan kesenian Nusantara di depan panggung utama BEN Carnival II.

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan, event BEN Carnival II merupakan bentuk pelaksanaan satu Trisakti Bung Karno, yakni berkepribadian dalam kebudayaan.

“Kita tahu Indonesia kaya akan budaya, karena itulah dihadirkan kesenian dan budaya Nusantara di Kota Blitar lewat event BEN Carnival II,” kata Walikota Blitar, Santoso.

Menurut Santoso, BEN Carnival diselenggarakan untuk mengenalkan budaya kepada warga masyarakat dan generasi muda.

Selain itu BEN Carnival II diselenggarakan juga dalam rangkaian memperingati Bulan Bung Karno serta menyambut HUT ke-78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pelaksanaan BEN Carnival tahun ini dan tahun sebelumnya prinsipnya sama. Hanya tampilannya yang berbeda, kesenian yang ditampilkan lebih banyak dan lebih beragam,” jlentrehnya.

Selanjutnya Santoso berharap, event ini bisa memperkenalkan budaya se-Nusantara baik tarian, baju daerah maupun rumah adat kepada generasi muda. Agar generasi muda tahu jika Indonesia kaya akan budaya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono, mengatakan para peserta dalam event BEN Carnival II menampilkan berbagai kesenian khas daerah di Indonesia.

Sejumlah kesenian khas daerah di Indonesia yang ditampilkan, antara lain Tari Moko Nona tarian khas Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian Tari Pane Meu-Unen khas Provinsi Bengkulu, Tari Makepung dari Kabupaten Jembrana Provinsi Bali, Tari Likurai dari Pulau Timor NTT dan Tari Campak dari Pulau Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan yang lainnya.

“Bahkan sejumlah OPD juga ada yang mendatangkan langsung seniman dari daerah asalnya untuk berkolaborasi. Seperti Disbudpar Kota Blitar mendatangkan seniman dari Singkawang, Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan