infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Expedisi Meratus 2023, Menuju Anak Desa Aing Bantai Desa Mangga Jaya, Pembinaan Desa Terpencil dan Pelayanan Kesehatan di HST

Expedisi Meratus 2023, Menuju Anak Desa Aing Bantai Desa Mangga Jaya, Pembinaan Desa Terpencil dan Pelayanan Kesehatan di HST

Pembinaan wilayah desa terpencil dan pelayanan kesehatan yang mana Ekspedisi rombongan yang di koordinir oleh Ir. Misradi ( Camat Batang Alai Timur).

Barabai, infobanua.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi memberikan instruksi melakukan pembinaan wilayah desa terpencil dan pelayanan kesehatan yang mana Ekspedisi rombongan yang di koordinir oleh Ir. Misradi ( Camat Batang Alai Timur).

Hari pertama bertempat dihalaman kantor Bupati Hulu Sungai Tengah, Senin (10/07). Sebelum keberangkatan seluruh peserta ekspedisi berkumpul untuk mendapat pengarahan dari H. Ainur Rofiq Selaku Plh. Sekda Hulu Sungai Tenagah bertempat terkait perjalanan yang akan dilaksanakan

Mengambil rute dari desa Hinas Kiri, Batu Perahu, Aing Bantai, Mangga Jaya dan Kembali ke barabai, dari tanggal 10 hingga 19 juli 2023 . Tim Ekspedisi yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari perwakilan Kecamatan Bat, Puskesmas Tandilang, DLHP dan Perhubungan, Dinas Sosial, Dianas Perkim, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan BAT, Satpol PP, Diskominfo dan sejumlah porter.

Bupati HST H. Aulia Oktafiandi berpesan utuk menyambangi setiap balai adat yang akan dilewati oleh rombongan tim ekspedisi untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memperkuat tali silaturahmi. Dimulai dari hinas kiri rombongan melakukan perjalanan menuju desa pertama, Batu Perahu. Jarak yang ditempuh adalah 11,5 km dengan waktu tempuh berjalan kaki sekitar 4 – 6 jam.

Hari berikutnya merupakan perjalanan yang Panjang karena perjalanan di tempuh selama 8 – 10 jam berjalan kaki dengan jalur yang menanjak menuju puncak batu barangkup 1147 mdpl, setelah sampai di desa aing bantai para anggota ekspedisi melakukan kegiatan pembinaan wilayah dan pelayanan kesehatan selama dua hari dan beristirahat untuk memulihkan tenaga.

Selanjutnya perjalanan di lanjutkan menuju anak Desa Aing Bantai RT 3 yaitu Desa Mangga Jaya yang di tempuh dalam waktu 8 -12 jam dengan medan yang cukup ekstrem dikarenakan jalan yang becek dan menyebrangi sungai juga ada beberapa track yang longsor terkikis oleh air dan pohon tumbang.

Masyarkat Mangga Jaya sangat antusias dengan kedatangan tim Ekspedisi dikarenakan akan di adakan acara diskusi pembinaan wilayah dan pelayanan kesehatan oleh Tim Kesehatan PKM tandilang dan bidan desa Aing Bantai pada malam hari Selama dua hari.

Di hari terakhir Tim ekspedisi Kembali pulang dengan jarak tempuh 11 – 12 jam berjalan kaki melalui kabupaten tetangga yaitu Kota Baru, tepatnya di Desa Banian, Kec. Sungai Durian, Kabupaten Kota Baru yang mana tim dijemput dengan menggunakan 6 unit mobil menuju Barabai dengan waktu tempuh 8 -10 jam melewati wilayah Tanah Grogot Kalimantan timur, semua Tim kembali pulang dengan selamat sampai rumah masing masing. 19/07/2023

Bagikan:

Iklan