infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur DLH Nganjuk Lakukan Pengawasan Pengelolaan di 20 Puskesmas Untuk Meminimalisir Dampak Limbah B3

DLH Nganjuk Lakukan Pengawasan Pengelolaan di 20 Puskesmas Untuk Meminimalisir Dampak Limbah B3

Tim DLH kabupaten nganjuk datang di puskesmas berbek guna melakukan penilaian pengelolaan limbah B3

Nganjuk, infobanua.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pengelolaan serta penanganan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di puskesmas-puskesmas. Hal tersebut dalam rangka penilaian lomba pengelolaan limbah B3 di lingkungan puskesmas se-Kabupaten Nganjuk.

Kepala Bidang Pengendalian,pencemaran,kerusakan dan pemeliharaan lingkngan hidup DLH Kabupaten Nganjuk Sulfi Findhu Ariesta mengatakan bahwa timnya datang untuk melihat dan menilai secara langsung bagaimana penanganan limbah berbahaya di setiap puskesmas.

“Setidaknya, ada 20 Puskesmas yang telah didatangi sejak 22 Agustus sampai tanggal 25 Agustus 2023,” jelas Sulfi,Minggu(27/8/2023)

Sulfi menjelaskan ada beberapa kategori penilaian yang menjadi syarat lomba. Diantaranya tentang bagaimana pengelolaan kebersihan lingkungan puskesmas,proses pengelolaan limbah dan lokasi tempat penyimpanan limbah B3 sementara yang harus ada dan dimiliki puskesmas.

“Selain itu,kelengkapan administrasi limbah B3 dan bagaimana penanganan dalam keadaan darurat menjadi komponen lain yang juga dilakukan penilaian,” ungkap Sulfi.

Maka dari itu,diharapkan dengan adanya penilaian lomba tersebut juga sebagai upaya pengawasan serta sosialisasi tentang bagaimana pengelolaan limbah beracun dan berbahaya agar tidak berdampak pada lingkungan sekitar.

“Dan ke depannya, lomba pengelolaan limbah B3 tersebut juga akan merambah ke pelaku usaha/kegiatan lainnya.Agar pelaku usaha senantiasa peduli akan pengelolaan limbah yang dihasilkan terutama limbah B3,” tandasnya.

(prs)

Bagikan:

Iklan