infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Destana Jadi Salah Satu Program Prioritas ADD di PPU

Destana Jadi Salah Satu Program Prioritas ADD di PPU

PENAJAM, infobanua.co.id – Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan pendampingan dengan melihat langsung persiapan yang dilakukan panitia pilkades tingkat desa tahap demi tahap.

 

Saat ini, pendaftaran bakal calon kepala desa peserta pilkades pada masing-masing telah selesai dan masuk dalam tahapan verifikasi berkas pendaftaran bakal calon kepala desa.

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berupaya mendorong Desa Tangguh Bencana (Destana) menjadi salah satu program prioritas dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD).

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) PPU Pang Irawan menuturkan, saat ini pihaknya tengah menyusun peraturan bupati mengenai prioritas penggunaan dana desa yang salah satunya menyangkut tentang Destana.

 

“Kami akan memastikan desa tangguh bencana itu masuk di dalam RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa. Kami sedang menyusun peraturan bupatinya. Salah satunya terkait prioritas penggunaan ADD yang di dalamnya adalah desa tangguh bencana,”ungkapnya, Rabu (6/9/2023).

 

Pang Irawan juga menyebutkan DPMD menyiapkan Perbub tersebut juga didasari dengan diselengaranya pilihan kepala desa (pilkades) di Oktober 2023 nanti.

 

“Kami mempersiapkan itu di bulan Oktober karena ada 14 desa yang melaksanakan pilkades. Dan setelah Januari pelantikan itu mereka punya kewajiban merumuskan RPJMDes itu untuk 6 tahun,” jelas Pang Irawan.

 

Sebelumnya dikatakan ada kurang lebih 10 desa di kabupaten PPU yang telah menindaklanjuti program Destana ini. (ADV

Bagikan:

Iklan