Categories: Health

Tingkatkan Fasilitas, BPJS Kesehatan Launching Transformasi Mutu Layanan Peserta JKN

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka terwujudnya pelayanan kesehatan yang berkualitas serta mendorong transformasi mutu layanan kepada peserta JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan, maka BPJS Kesehatan bermaksud menyelenggarakan Pertemuan Nasional  Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023 dan Launching Transformasi Mutu Layanan Peserta JKN bersama Fasilitas Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang Banjarmasin Asmar, SKM, M.Kes, Senin (02/09/2023). Disela kegiatan launching transformasi mutu layanan program  JKN secara serentak di seluruh Indonesia. Transformasi Mutu Layanan Peserta JKN bermakna BPJS Kesehatan dan seluruh ekosistem JKN yang terlibat berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi Peserta JKN. Selaras dengan hal tersebut, tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Kolaborasi dalam Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat dan Setara kepada peserta JKN”

Menurut Asmar, salah satu Fasilitas Kesehatan yang diundang mengikuti kegiatan tersebut dari Wilayah Kerja KC Banjarmasin adalah Klinik Utama Kinibalu  sebagai salah satu Faskes yang masuk nominasi sebagai Faskes berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN – KIS yang mudah, cepat dan setara.

“Klinik Utama Kinibalu sebelumnya sudah melalui tahapan penialaian mulai dari tingkat Kantor Cabang, Kedeputian Wilayah dan terakhir tingkat Nasional sebagai Nominasi Faskes Klinik Utama Berkomitmen dalam Transformasi Mutu Layanan,” tuturnya.

Asmar mengatakan, Klinik Utama Kinibalu Banjarmasin juga juara 3 kategori Klinik Utama se-Nasional.

Dijelaskannya, adapun indikator yang menjadi penilaian Faskes Berkomitmen adalah Pengelolaan Antrean di Faskes untuk mengurangi penumpukan dan waktu tunggu pasien secara Online yang terkoneksi mobile JKN, Inovasi dan program unggulan alam peningkatan Mutu Layanan, Capaian Indikator Kinerja Kepatuhan Faskes dan Rating Faskes (Kessan dan Google review, serta Implementasi Janji Layanan Fakses meliputi:

  1. Menerima NIK/KTP sebagai identitas pasien,
  2. tidak meminta fotokopi sebagai syarat pendaftaran,
  3. memberikan pelayanan tanpa iur biaya tambahan,
  4. tidak membatasi hari rawat inap,
  5. memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan tanpa membebankan kepada pasien jika ada kekosongan obat
  6. dan melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi.

 

Ida/IB

infobanua

Recent Posts

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

17 menit ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

25 menit ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

32 menit ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

54 menit ago

Pj Ketua TP PKK HSS Resmikan Pelatihan UP2K untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Kandangan, infobanua.co.id – Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj. Mutia…

1 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Sosialisasi Ekspor untuk Pelaku Usaha Mikro

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar mengadakan sosialisasi…

1 jam ago