infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Gubernur Sahbirin Noor Raih Penghargaan Dukung PAUD dan HIMPAUDI Kalsel

Gubernur Sahbirin Noor Raih Penghargaan Dukung PAUD dan HIMPAUDI Kalsel

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima penghargaan atas komitmennya terhadap pendidikan anak usia dini dan dukungannya terhadap Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Kalsel.

Banjarbaru, infobanua co.id – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin baru-baru ini menerima penghargaan atas komitmennya terhadap pendidikan anak usia dini dan dukungannya terhadap Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Kalsel.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Paman Birin dalam acara perayaan HUT ke-18 Jambore II dan Musyawarah Wilayah V HIMPAUDI Provinsi Kalsel di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel pada Jumat (6/10). Plt. Direktur Pendidikan Usia Dini, Komalasari, M.Pd yang menyampaikan penghargaan tersebut kepada Paman Birin.

Paman Birin, dengan penuh rasa syukur, menerima penghargaan ini dan berkomitmen untuk terus mengembangkan pendidikan anak usia dini di wilayah Banua.

Dalam pernyataannya, Paman Birin menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membangun dasar perkembangan fisik, kecerdasan, aspek sosial emosional, bahasa, dan komunikasi anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

“Pada periode emas usia anak 0-5 tahun, perkembangan mereka perlu diperhatikan dengan baik. Kami semua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pondasi yang kokoh bagi pertumbuhan mereka,” katanya.

Paman Birin menegaskan bahwa PAUD memiliki peran besar dalam memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada setiap anak untuk mendapatkan pendidikan pada usia dini, dan HIMPAUDI sebagai organisasi pendidikan anak usia dini memiliki peran krusial dalam mengembangkan kompetensi pendidik PAUD, yang berdampak positif pada pendidikan anak usia dini.

“Selama masa ini, pendidikan bukan hanya tentang membaca dan menulis; yang lebih penting adalah membentuk karakter, membangun kreativitas, serta meningkatkan interaksi sosial dan potensi masing-masing anak,” tambahnya.

Paman Birin juga menyoroti pentingnya para pendidik PAUD untuk merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sambil menggabungkan unsur permainan.

“Anak-anak belajar melalui apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan, oleh karena itu, melalui pengenalan perilaku baik dalam setiap aktivitas, pendidik dapat mengawasi perkembangan anak-anak dan mengembangkannya sesuai minat dan bakat mereka,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Gubernur Paman Birin didampingi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah. Hadir juga Plt. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Dirjen PAUD Kemendikbudristek RI, Komalasari M.Pd, Ketua Umum HIMPAUDI, Betty Nuraini, dan Kepala BPMP Kalsel, Yuli Haryanto.

Kegiatan HUT ke-18, Jambore II, dan Musyawarah Wilayah (Musywil) V Himpaudi Provinsi Kalsel ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh kabupaten/kota dan akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 6 hingga 8 Oktober 2023 dengan berbagai macam kegiatan.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan