infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Realisasi Pendapatan Serta Belanja Masih Belum Capai Target

Realisasi Pendapatan Serta Belanja Masih Belum Capai Target

Bupati Kotim saat menghadiri rapat Rakordalev di Aula Kantor Bappelitbangda Kotim. (nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Bupati Kotim, Halikinnor mengatakan jika sampai dengan periode 30 September 2023, realisasi APBD Kotim untuk pendapatan sebesar 70,54 persen dan realisasi belanja sebesar 62,89 persen dan sementara target realisasi pada triwulan ke III atau per 30 September 2023 belanja sebesar 85 persen dan pendapatan sebesar 86 persen.

” Artinya belum mencapai target sebagaimana yang diharapkan,” ujar Halikinnor

Oleh sebab itu, untuk mencapai apa yang sudah direncanakan, kegiatan pengendalian dan evaluasi tidak terbatas hanya pada rapat-rapat saja tetapi bisa dilakukan kapanpun melalui koordinasi, konsultasi dan surat menyurat.
“Mengingat saat ini telah mengakhiri periode triwulan ke III tentunya harapan kita kedepan adalah meningkatkan capaian pendapatan dan belanja, ” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada acara Rakordalev di Aula Kantor Bappelitbangda Kotim Senin (9-10-2023).

Lebih lanjut Halikinnor sampaikan untuk kepala perangkat daerah harus dapat mengendalikan seluruh program dan kegiatan dilingkup perangkat daerahnya masing-masing ,agar dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu, tepat sasaran dengan dukungan tertib administrasi. Pengendalian yang dilakukan secara sistematis, secara berkala, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas program dan kegiatan sebagai perwujudan pelayanan publik kepada masyarakat.

Apalagi pelaksanan anggaran tahun 2023 tersisa waktu lebih kurang 3 bulan atau pada triwulan ke IV. Dimana pihaknya sudah menyelesaikan pembahasan APBD perubahan tahun 2023 beberapa waktu yang lalu.

“Untuk itu saya mengingatkan kepada semua kepala perangkat daerah, agar mencermati waktu pelaksanaan kegiatan dengan waktu yang tersisa ini, khususnya kegiatan-kegiatan pembangunan fisik serta kegiatan pengadaan barang dan jasa sehingga dapat berjalan secara efektif, selesai tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan,” Pintanya.

Kemudian katanya seperti diketahui bahwa pembahasan APBD murni tahun 2024 paling lambat harus sudah ditetapkan satu bulan sebelum tahun anggaran berakhir, artinya pembahasan APBD murni tahun 2024 dengan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan pada bulan November 2023 dan untuk itu dirinya meminta kepada perangkat daerah mempersiapkan data dalam pembahasan tersebut.

“Selanjutnya kepada tim anggaran Pemerintah Daerah, saya meminta untuk menghitung kembali kemampuan anggaran pada tahun 2024, dengan kewajiban – kewajiban yang harus atau wajib dialokasikan pada tahun anggaran 2024, termasuk apabila ada usulan tambahan dari perangkat daerah yang sangat penting, mengingat KUA dan PPAS telah disepakati bersama dengan DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur,” Pungkasnya.

Zainal.

Bagikan:

Iklan