infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Gubernur Kalsel Sahbirin Apresiasi BUMDes Penghargaan Terbaik 2023

Gubernur Kalsel Sahbirin Apresiasi BUMDes Penghargaan Terbaik 2023

Gubernur Kalimantan Selatan Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin,

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pada pembukaan Expo di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru pada Jumat (13/10) sore, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbaik Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan kepada BUMDes Mitra Hidayah Mandiri dari Tapin, BUMDes Mulyasari Martapura Kabupaten Banjar, dan BUMDes Karya Makmur Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai yang terbaik 1,2, dan 3. Selain itu, Pemkab juga menerima penghargaan sebagai pembina terbaik BUMDesa, termasuk Pj Bupati Tapin, Bupati Banjar, dan Bupati Tanbu. Penghargaan juga diberikan kepada sejumlah perusahaan.

Gubernur Kalimantan Selatan Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar, mengungkapkan terima kasih kepada para bupati, kepala desa, perangkat desa, dan pemangku kepentingan di tingkat desa. Mereka telah berusaha keras untuk memajukan desa-desa di Banua.

Paman Birin berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi pelaku BUMDes di Kalsel untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan BUMDes yang lebih maju, berdaya saing, dan berkualitas. Pemerintah telah fokus pada pembangunan wilayah desa selama satu dekade terakhir, dengan langkah-langkah dari pemerintah pusat dan daerah untuk memajukan wilayah pedesaan.

BUMDes dianggap sebagai program prioritas oleh Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Eksistensi BUMDes diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di desa dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah.

Paman Birin menjelaskan bahwa Kegiatan BUMDesa Expo 2023 merupakan upaya untuk mendorong BUMDes untuk menampilkan produk unggulannya, sehingga produk BUMDes lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, pembentukan dan pengembangan BUMDes membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah, kolaborasi dengan pengusaha besar, peningkatan kapasitas SDM pengelola BUMDes, adaptasi dalam era digitalisasi, dan peningkatan daya saing produk BUMDes di pasar global.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Fakhmansyah, mengatakan bahwa BUMDes Expo bertujuan untuk mempromosikan produk dan memperluas jaringan pasar serta kemitraan BUMDes. Kegiatan ini melibatkan 11 BUMDes kabupaten, 48 stan UMKM, 72 stan kuliner, dan 8 pihak swasta atau perusahaan. Semua ini merupakan langkah penting dalam memajukan ekonomi pedesaan di Kalimantan Selatan.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan