infobanua.co.id
Beranda Health Fikri Senang Perawatan Giginya Telah Dijamin Oleh Program JKN

Fikri Senang Perawatan Giginya Telah Dijamin Oleh Program JKN

Muhammad Fikri Arriadi (23) adalah salah satu Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah merasakan manfaat yang luar biasa dari program ini.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Muhammad Fikri Arriadi (23) adalah salah satu Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah merasakan manfaat yang luar biasa dari program ini. Permasalahan yang terdapat pada giginya membuat Fikri terganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ditemui oleh tim Jamkesnews, Fikri menceritakan pengalamannya saat awal menggunakan JKN untuk keperluan berobat giginya.

“Sekitar beberapa bulan yang lalu saya selalu merasakan nyeri pada gigi saya, karena menurut saya hanya rasa nyeri biasa, saya hanya mengatasi dengan minum obat Pereda nyeri. Namun rasa nyeri ini sering timbul berulang kali hingga menyebabkan gigi saya berlubang saat itu. Tapi yang saya heran rasa nyerinya sudah tidak pernah ada lagi, jadi saya mengganggap tidak ada masalah lagi dengan gigi saya. Namun beberapa waktu terakhir ini saya liat kondisi gigi saya berubah warna, sedikit menghitam, karena khawatir akhirnya saya coba cek ke dokter di puskesmas, dan ternyata saya didiagnosa mengalami nekrosis pulpa,” ucap Fikri.

Sebagai informasi nekrosis pulpa adalah kondisi dimana gigi dengan saraf yang sudah mati. Artinya, kerusakan gigi telah mencapai tahap yang paling parah dan tidak bisa dilakukan perawatan hanya dengan menambalnya saja. Pilihan perawatannya hanya ada dua, yakni perawatan saluran akar atau pencabutan gigi.

“Tentu saja saya kaget ternyata gigi saya bisa sampai separah itu karena menganggap remeh masalah yang ada pada gigi saya. Lebih kaget lagi saat dokter mengatakan bahwa bila semakin terlambat biasanya infeksi pada nekrosis pulpa bisa sampai menyebabkan kematian. Saya benar-benar kapok menganggap remeh kesehatan yang ada pada diri saya,” tambah Fikri.

Lebih lanjut Fikri menjelaskan bahwa dari awal dirinya memeriksakan giginya di puskesmas hingga harus dirujuk ke rumah sakit untuk melakukan operasi, dirinya hanya berbekal kartu JKN miliknya sehingga dirinya tidak pernah mengeluarkan biaya sama sekali selama menjalani pengobatan.

“Alhamdulillah dari awal saya berobat hingga harus dirujuk ke rumah sakit untuk dijadwalkan operasi gigi, saya tidak pernah mengeluarkan biaya sama sekali karena saya berobat menggunakan JKN. Dan saya sangat senang sekali ternyata pelayanannya pun sangat memuaskan, seharusnya hal seperti saya yang tidak segera memeriksakan diri saat ada kesehatan yang bermasalah tidak terjadi, karena berobat sekarang sudah sangat mudah dan aman karena ada jaminan dari Program JKN,” ungkap Fikri.

Di akhir perjumpaan Fikri menyampaikan terima kasih kepada Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dan mengajak Masyarakat untuk lebih aware terhadap kesehatan diri masing-masing.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN, karena dengan adanya program ini saya bisa berobat dengan tenang, aman dan nyaman tanpa harus dibebani oleh biaya, namun mendapatkann pelayanan yang sangat memuaskan. Bagi teman-teman di luar sana ayo kita jaga kesehatan kita, karena berobat sekarang lebih mudah bila kita sudah terdaftar sebagai Peserta JKN,” tutup Fikri. (AW/gn)

Bagikan:

Iklan