infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN 5 Tahun Berturut-Turut Raih Penghargaan, HSS Masuk Nominator IGA TAHUN 2023

5 Tahun Berturut-Turut Raih Penghargaan, HSS Masuk Nominator IGA TAHUN 2023

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menyambut kedatangan Tim Validasi Lapangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada rangkaian acara Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023

Kandangan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menyambut kedatangan Tim Validasi Lapangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada rangkaian acara Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023, di Pendopo Bupati HSS, Rabu (18/10/2023).

Tim Validasi Lapangan IGA 2023 dipimpin Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri Jerry Walo, S.Sos, MM, Resty Adelia, S.Si dari Kemenpan RB, dan Ferry Boy Marthin Rende. disambut oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kab. HSS M. Arliyan Syahrial, M.Pd

Pada kesempatan tersebut Tim Validasi IGA melaksanakan kunjungan ke kediaman Bupati HSS periode 2013-2023 Drs. H. Achmad Fikry, M.AP untuk wawancara dalam rangka penyusunan buku IGA se-Indonesia.

Pada tahun 2023 Pemkab HSS melaporkan sebanyak 105 Inovasi yang trrdiri dari 67 Inovasi Pelayanan Publik, 27 Inovasi Tata Kelola Pemerintahan dan 11 Inovasi Lainnya. Adapun jika dilihat dari sisi digital, maka dari 105 inovasi terdiri dari 64 Inovasi Digital dan 41 Inovasi Non Digital.

Dalam sambutannya, Kepala Bappelitbangda Kab. HSS M. Arliyan Syahrial mengatakan, “Selama 5 tahun berturut-turut terus memperoleh penghargaan konsisten mendapatkan hasil yang sama dalam hal ini masuk dalam 10 besar,” ucapnya.

Sementara itu Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri Jerry Walo mengatakan dalam laporan kinerja inovasi daerah yang dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri berturut-turut selama 5 tahun Pemerintah Kab. HSS merupakan salah satu Pemerintah Daerah yang terbaik dalam melaksanakan inovasi daerah dari 416 Kabupaten di Indonesia.

“Dengan dasar inilah Kemendagri melaksanakan penilai terhadap test practice dari pada inovasi daerah sehingga kemudian Pemerintah Pusat memberikan penghargaan IGA sekaligus memberikan insentif dana fiskal kepada daerah, dana fiskal direkomendasikan oleh Menteri Dalam Negeri dan kemudian diberikan dan dieksekusi oleh menteri keuangan”, ucapnya.

Beliau juga mengatakan bahwa hal Ini lah yang menjadi penghargaan bagi daerah-daerah yang melaksanakan test practice daripada inovasi daerah itu sendiri.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab HSS, para camat se-Kab. HSS, para Kepala Bagian Setda Kab. HSS, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. HSS, dan Direktur PT. Tirta Amandit.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan