infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Penjabat Bupati Barito Kuala Apresiasi Gerakan Pangan Murah DKPP

Penjabat Bupati Barito Kuala Apresiasi Gerakan Pangan Murah DKPP

MARABAHAN – Penjabat Bupati Barito Kuala, Mujiyat, SSn, MPd, membuka Gerakan Pangan Murah di Lapangan 5 Desember, Kota Marabahan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (26/10/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Batola.

Saat membukanya, Pj Bupati Batola Mujiyat mengapresiasi atas terlaksananya kembali Gerakan Pangan Murah.

Menurutnya, kegiatan Gerakan Pangan Murah memiliki nilai yang sangat strategis dalam rangka menjaga stabilitas ketersediaan pangan dan mengendalikan harga pangan.

“Kegiatan semacam itu sangat penting untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan keperluan pangan, serta dapat membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan inflasi daerah sehingga akan berdampak pada perekonomian makro. Jadi, Gerakan Pangan Murah bukan hanya untuk keseimbangan ketersediaan bahan pangan, namun juga untuk menjaga keseimbangan harga bahan pokok, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif,” urainya.

Selain itu, Pj Bupati Mujiyat, mengatakan, adanya kesenjangan harga antara produsen dan konsumen disebabkan oleh berbagai faktor yang menghambat distribusi pangan.

Di antaranya, hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang dan pengelolaan stok.

Dia pun mengutarakan, kondisi tersebut menimbulkan fluktuasi pasokan dan harga pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Bagikan:

Iklan