Categories: Kotawaringin Timur

Petani Lokal Diminta Pintar Baca Peluang Pasar

Sampit, infobanua.co.id – Bupati Kotim Halikinnor meminta para petani lokal yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk pintar membaca peluang pasar. Hal ini mengingat, harga sejumlah komoditi seperti bawang, tomat, cabai serta sayur lainnya mengalami kenaikan ketika bulan puasa dan lebaran.

“Saya minta para petani lokal untuk bisa membaca peluang. ” Peluang yang timbul harus ditangkap dengan baik supaya hal itu menjadi keuntungan untuk para petani lokal,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk bercocok tanam berbagai tanaman sayuran tanah di Kotim tergolong mudah ditanami asalkan tanah tersebut terus diberikan pupuk secara rutin. Dengan usaha yang gigih ia yakin para petani dapat melakukannya hal itu pun terbukti dengan keberhasilan petani di lokasi itu yang bercocok tanam sayuran yang biasa di pasok dari luar Kotim itu.

Dikatakannya, untuk menahan lajunya inflasi bukan hanya infrastruktur saja yang dibenahi, kebutuhan hasil bumi yang dihasilkan dari para petani lokal pun ambil andil dalam hal itu karena dengan pasokan lokal maka harga kebutuhan pokok dipasaran bisa terus stabil.

Disamping itu, Halikinnor juga mendorong masyarakat untuk melakukan penanaman karet meski harga karet selalu berfluktuasi. “Setiap mau lebaran biasanya harga karet dan rotan akan anjlok itu sudah hukum pasar. Tetapi bahan-bahan sayur sembako pasti naik. disinilah para petani lokal harusnya bisa membaca peluang,” harapnya.

Zainal.

infobanua

Recent Posts

Sumadi Resmi Menjabat Ketua BKPRMI Palangka Raya 2024-2028

Palangka Raya - Musyawarah Daerah Ke-VII yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi…

38 menit ago

BKPRMI Kota Palangka Raya Melaksanakan MUSDA Ke- VII

Palangka Raya - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Kota Palangka…

40 menit ago

Tingkatkan Kualitas, DPMPTSP Bimtek Petugas Pelayanan

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan…

4 jam ago

Sekda Tanbu. PKP Angkatan V tahun 2024 Diharapkan Makin Produktif Demi Pelayanan Masyarakat

BANJARBARU,  infobanua.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu Ambo Sakka memberikan apresiasi kelulusan peserta pelatihan…

4 jam ago

Dinkes Dampingi Penilaian Posyandu dan Kader Berprestasi Tingkat Kalsel

Martapura, infobanua.co.id – Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) ini merupakan wadah titik temu antara pelayanan dari petugas…

5 jam ago

Hotel Lembah Hijau Cianjur Hangus Terbakar

infobanua.co.id, CIANJUR - Hotel Lembah Hijau yang berada di kawasan wisata Puncak-Cianjur, tepatnya di Kampung…

5 jam ago