infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Ini yang Dipelajari Pelajar SMP Qardhan Hasana di DPRD Banjarbaru

Ini yang Dipelajari Pelajar SMP Qardhan Hasana di DPRD Banjarbaru

BANJARMASIN – Kunjungan SMP IT Qardhan Hasana Kota Banjarbaru ke DPRD Kota Banjarbaru dalam rangka penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi muda dalam pemilu agar peserta didik dapat mengetahui apa saja serta bagaimana tugas fungsi DPRD kota Banjarbaru Rabu (8/11/2023).

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah terlihat senang antusias pelajar yang merupakan elemen generasi milenial atau generasi muda, mengenal peran dan fungsi anggota DPRD. Serta mengetahui soal suara demokrasi kaum muda dalam pemilu. “Pelajar dikenalkan tentang hak dan tugas serta fungsi DPRD dan tugas anggota dewan,” katanya.

Para pelajar dijelaskan tugas dan wewenang anggota DPRD yakni, membentuk peraturan daerah bersama-sama wali kota. Membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang diajukan oleh kepala daerah. Pelajar juga akan mengetahui bahwa dewan juga melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD yang sudah dibuat.

Para pelajar melakukan studi lapangan ke dewan, juga diharapkan mengenal tujuan pendidikan Pancasila di sekolah. Yang untuk membekali dan memantapkan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang hubungan baik warga negara Indonesia yang berpancasila dengan warga negara lain maupun dengan sesama warga negara Indonesia.

Apa yang harus kita lakukan sebagai pelajar Pancasila? Contoh penerapan profil pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan, yaitu menjaga kebersihan lingkungan sekolah, berdoa sebelum memulai pelajaran, mengutamakan persamaan, dan juga menghargai perbedaan yang ada.

Rel/hms

Bagikan:

Iklan