infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Potensi Wisata Digerbang IKN .Dua Desa Ini Diminta Persiapkan Diri

Potensi Wisata Digerbang IKN .Dua Desa Ini Diminta Persiapkan Diri

epala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir.SE saat memberikan arahan kepada Kepala Desa dan PKK Desa.

BATULICIN, infobanua.co.id – Pengelolaan dana desa yang berorientasi pada ekonomi masyarakat maka harus dijadikan motivasi kades untuk menangkap peluang terkait potensi yang ada di desa tersebut.

Sebagai contoh Desa Sungai Dua dan Gunung Batu Besar ,bila itu di kelola dengan baik untuk menjadikan wilayahnya sebagai desa wisata ,maka tak mustahil dana dari kementerian wisata bisa didapatkan untuk pengembangan wisata tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pembangunan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir.SE saat memberikan arahan kepada Kepala Desa dan PKK Desa. Rabu (09/11/2023) di hotel Eboni.

“Kalau wilayahnya dijadikan desa wisata maka akan jadi booming dalam hal peningkatan ekonominya. Mulai sekarang sudah saatnya dioptimalkan kelompok sadar wisata yang ada di desa tersebut,”kata Samsir.

Apalagi desa katanya ini menjadi bagian pintu masuk gerbang IKN ,namun sejak dini sudah ada persiapan dalam hal pengembangan wisatanya.

Dengan demikian, bagi kades yang baru diharapkan untuk terus berinovasi dalam orientasi destinasi wisata.

Untuk prospek kedepan sudah saatnya dipikirkan, mengingat daya dukung pengembangan wisata di Tanah Bumbu akan sejalan dengan migrasinya penduduk Jakarta atau Jawa untuk mengisi IKN yang baru.

“Ada 16 ribu termasuk ASN nanti yang akan pindah ke IKN Kalimantan Timur, sementara kita adalah gerbangnya,tidak menutup kemungkinan mereka akan saat akhir pekan untuk berwisata ditempat kita.,”Pungkasnya.(. )

Bagikan:

Iklan