infobanua.co.id
Beranda Daerah Warga Depok Sambut Gembira Program Stunting Dengan Menu Bergizi

Warga Depok Sambut Gembira Program Stunting Dengan Menu Bergizi

Pembagian menu bergizi tersebut dimulai pada 10 November 2023 dan akan berlangsung hingga 8 Desember 2023.

Depok, infobanua.co.id – Program Depok Sukses Bebas Stunting (D’Stanting Menara).sedang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di 11 kecamatan di Kota Depok.

Pembagian menu bergizi tersebut dimulai pada 10 November 2023 dan akan berlangsung hingga 8 Desember 2023.

Asupan bergizi sesuai petunjuk Dinkes Kota Depok tersebut dari pangan lokal yang diolah oleh para Wirausaha Baru (WUB) binaan Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok.

Ibu dan anak-anak pun menikmati paket makanan bergizi yang disajikan dengan rasa lezat, antara lain, perkedel, tahu, nugget tempe, otak-otak, pisang barongko, bola-bola kentang ayam, makaroni kukus telur puyuh, puding kentang ayam dan telur, bubur sup daging, nasi tim ikan tuna, nasi tim ikan telur dan nasi tim telur puyuh.

“Kudapanya enak, anak-anak saya suka, terimakasih Pemkot Depok” ujar seorang ibu dari Kelurahan Sukmajaya, Kota Depok, Sabtu (11/11/2023).

Dibeberapa lokasi pembagian sebelum kudapan diberikan ada yang dicoba terlebih dahulu, seperti di Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter).

“Makanannya enak, didalamnya ada tempe, ayam, engga lembek ini anak-anak pasti suka,” kata ibu Siti dari Kelurahan Bopenter.

Menurut dia makanan yg diberikan dari segi rasa sudah enak, dan yang pasti bergizi karena diolah dari pangan lokal.

Menurut Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Dalam pelaksanaan melibatkan semua unsur, terutama dari Puskesmas, PKK dan WUB.

“Kami libatkan PKK baik dalam hal penyusunan menu, literasi, pendongeng, dan edukasi serta distribusi melalui Ojek Cantik Menghantarkan Makanan untuk Balita Stunting (Ocan Bananas), Tenaga Gizi Puskesmas, dan Wirausaha Baru (WUB) untuk pembuatan PMT,” ungkap Mary saat dihubungi, Minggu (12/11/2023).

Dia menambahkan, giat pemberian makanan bergizi tersebut untuk optimalisasi intervensi percepatan penurunan stunting di Kota Depok.

Program ini merupakan Intensif Fiskal Tahun Berjalan Kinerja Penanganan Stunting yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Kota Depok terus melakukan upaya penanganan stunting. Intervensi yang dilakukan yakni dengan pemberian pangan lokal, bukan PMT pabrikan. Sehingga zat gizi, kandungannya dan pengolahan makannya aman untuk dikonsumsi balita dan berdampak baik untuk perkembangan gizinya,” jelas Mary.

Lanjut Mary, pangan lokal yang disajikan bergizi sesuai standar makanan sehat. “Menunya di setiap kecamatan berbeda-beda,” ucapnya.

Mary memastikan paket menu stunting di seluruh kecamatan di Kota Depok memenuhi standar gizi. Kecuali pemberian yang terjadi di Kecamatan Tapos, pada Jumat
(10/11/2023) lalu.

“Menu yang di Kecamatan Tapos segera kami evakuasi. Sedangkan paket menu di 10 kecamatan lainnya sudah baik dan pembagiannya berjalan lancar,” tegasnya.

Berikut paket sajian bergizi dan jadwal pembagiannya;

Jum’at,10 November 2023
Makaroni Kukus Telur Puyuh

Sabtu, 11 November 2023
Tahu kukus Juragan (sayur sawi)

Minggu, 12 November 2023
Puding kentang ayam telur (wortel) ditukat dengan nuget ayam

Senin, 13 November 2023
Nugget Tempe ayam sayuran (wortel)

Selasa, 14 November 2023
Telur sembunyi (kembang kol)

Rabu, 15 November 2023
Bola bola nasi ikan tuna suir

Kamis, 16 November 2023
Bubur Puyuh Hati Ayam. (Wahyu)

Bagikan:

Iklan