infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru DPRD Banjarbaru Berharap Layanan Dinas Arsip dan Perpustakaan Ditingkatkan

DPRD Banjarbaru Berharap Layanan Dinas Arsip dan Perpustakaan Ditingkatkan

BANJARBARU – Komisi I DPRD Kota Banjarbaru melakukan kunjungan ke Depo Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Banjarbaru, guna melihat dan evaluasi program kearsipan digital dan sitem arsip vital, Senin (13/11/2023).

Apalagi Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Banjarbaru meraih penghargaan dengan nilai tertinggi di antara 12 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Kalsel atas Hasil Pengelolaan Kearsipan Tahun 2023.

Komisi I DPRD Banjarbaru berharap, prestasi yang diraih dinas kearsipan kota dipertahankan. Karena pengelolaan arsip kekinian harus dilakukan dengan cara-cara baru, khususnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Salah satunya yang saat ini telah diberlakukan di lingkungan Pemko Banjarbaru yakni melalui aplikasi Srikandi.

Pengarsipan di Pemko Banjarbaru saat ini sedang bertransisi lewat penggunaan aplikasi Srikandi. Ini kita terapakan juga di setiap SKPD lain. Karena dengan kemajuan teknologi pengelolaan arsip dinamis akan lebih terintegrasi, efisien dan efektif.

DPRD Kota Banjarbaru ingin melihat sejauh mana penerapan program dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru menerapkan kearsipan secara digital.

Hal sejalan dengan pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektornik). Keputusan Menpan RB Nomor 679 tahun 2020, tentang aplikasi umum bidang kearsipan dinamis (Srikandi) dan Peraturan ANRI Nomor 4, 5, 6 tahun 2021 tentang pedoman implementasi aplikasi Srikandi, Tata Naskah Dinas, pengelolaan arsip elektronik.

 

 

 

Bagikan:

Iklan