infobanua.co.id
Beranda KALTENG PDM Kota Palangka Raya Terima Wakaf Tanah dan Bangunan Masjid

PDM Kota Palangka Raya Terima Wakaf Tanah dan Bangunan Masjid

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan serah terima wakaf tanah dan bangunan Masjid Baitul Gaza yang berdiri di atas tanah dari keluarga besar Ibnu. (20/1/2024).

PALANGKA RAYA, infobanua.co.id – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan serah terima wakaf tanah dan bangunan Masjid Baitul Gaza yang berdiri di atas tanah dari keluarga besar Ibnu. (20/1/2024).

Lokasi tanah dan masjid wakaf tersebut terletak di jalan Manduhara Induk , kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Di atas lahan seluas 1.200 m2 tersebut telah berdiri bangunan masjid yang diberi nama Masjid Baitul Gaza dengan luas bangunan sebesar 400 m2. Tanah ini merupakan tanah hak milik pewakaf yang berprofesi sebagai salah satu pengembang perumahan di kota Palangka Raya.

Prosesi penandatanganan serah terima wakaf ini merupakan upaya legal yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya atas kepemilikan aset tersebut.

Serah terima wakaf tanah dan bangunan ini disaksikan oleh para tamu undangan. Hadir dalam prosesi serah terima wakaf ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya, dan jajarannya.

Hadir pula ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Jekan Raya, PCM Sebangau, dan PCM Pahandut. Turut hadir ketua Dewan Masjid Indonesia provinsi Kalimantan Tengah, ketua RW dan RT serta warga sekitar Masjid.

Muhammad Wahib yang mewakili keluarga pewakaf menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah menerima wakaf yang berupa tanah dan bangunan Masjid Baitul Gaza tersebut.

“ Semoga tanah dan masjid ini dapat bermanfaat bagi warga sekitarnya dan menjadi amal jariyah bagi orang tua kami yang telah meninggal dunia.” tuturnya.

Achmad Syar’i selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah menyampaikan terima kasih kepada keluarga pewakaf yang telah mempercayakan wakaf tanah dan bangunan ini kepada Persyarikatan Muhammadiyah.

Dirinya juga berharap warga setempat dapat memakmurkan Masjid Baitul Gaza baik dalam urusan ibadah maghdhoh maupun ghairu maghdhoh.

Sementara itu Ketua PDM Kota Palangka Raya Muhammad Hanafiah Novie menyampaikan rasa syukurnya atas diwakafkannya tanah dan masjid tersebut.

“ Terima kasih sebesar-besarnya kepada keluarga besar Ibnu Sumadi melalui Muhammad Tasnim dan Ibu Dewi yang telah mewakafkan tanah dan Masjid ini kepada PDM Kota Palangkaraya , juga kepada berbagai pihak yang telah membantu pembangunan masjid Baitul Gaza , dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya” ucapnya.

Dikatakan Novie, secara fisik pembangunan masjid ini baru selesai sekitar 60-70% dan masih memerlukan dana sekitar 150 juta rupiah untuk penyelesaiannya. Untuk itu rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Muhammad Yusuf telah memberikan komitmen untuk membantu penyelesaian pembangunan masjid tersebut sebesar kurang lebih 200 juta rupiah.

” Selain bantuan untuk penyelesaian Masjid, Pak Rektor juga memberikan berbagai macam beasiswa pendidikan tinggi kepada beberapa keluarga pewakaf untuk melanjutkan sekolah tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya sebagai ucapan terima kasih karena telah mewakafkan tanah dan masjid kepada Persyarikatan Muhammadiyah” tutupnya.

Dengan adanya tambahan aset ini maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya menambah jumlah kepemilikan masjid. Pada saat ini aset yang telah ada adalah Masjid Mujahidin yang berada di jalan Rasak kelurahan Panarung kecamatan Pahandut kota Palangka Raya.

Bagikan:

Iklan