infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Kota Banjarbaru Terbaik se Indonesia Pendapatan Asli Daerah Tertinggi

Kota Banjarbaru Terbaik se Indonesia Pendapatan Asli Daerah Tertinggi

BANJARBARU – Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan tercatat sebagai Kota peringkat pertama tertinggi diantara 10 besar daerah, dari total 20 daerah terkait realisasi Pendapatan APBD se-Indonesia sepanjang tahun 2023.

Berdasarkan dari data Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Keuangan yang dirilis pada 19 Januari 2024 kemaren, Banjarbaru membukukan realisasi pada tahun 2023 menembus 114 persen.

Capaian prestasi ini disyukuri oleh Sang Kepala Daerah H. M. Aditya Mufti Ariffin, menurut dirinya pencapaian ini tidak lepas dari konsistensi Pemerintah Kota Banjarbaru dalam hal realisasi pendapatan pada APBD tahun anggaran 2023.

“Alhamdulillah, Banjarbaru konsisten dalam 2 tahun ini, salah satunya fokus untuk kenaikan PAD (pendapatan asli daerah),” ujarnya, Rabu (24/1/2024).

Aditya melanjutkan, capaian terbaru ini juga sama halnya mengatarkan dirinya untuk menambah daftar panjang penghargaan yang akan diraihnya mendatang.

“Sehingga dua tahun ini, Banjarbaru tertinggi dalam realisasi PAD 2022-2023. Semoga tren positif ini bisa terus dipertahankan,” jelasnya.

Diinformasikan, PAD merupakan sumber pendapatan daerah yang berasal dari pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan lain-lainnya pendapatan daerah yang sah.

Tentunya semakin besar tingkat penerimaan PAD menunjukkan semakin rendah tingkat ketergantungan Pemerintah Daerah terhadap Pemerintah Pusat. Maka dari itu, pendapatan APBD yang berhasil diperoleh Kota Banjarbaru tahun 2023 membuktikan kemajuan besar kinerja Pemerintah Kota Banjarbaru diera Sang Kepala Daerah H. M. Aditya Mufti Ariffin. rel/hms

Bagikan:

Iklan