infobanua.co.id
Beranda Daerah Pemko Dumai Launching Aplikasi Srikandi Sebagai Penunjang Aktifitas Disetiap OPD

Pemko Dumai Launching Aplikasi Srikandi Sebagai Penunjang Aktifitas Disetiap OPD

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai meluncurkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (Srikandi)

DUMAI, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Dumai meluncurkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (Srikandi) yang diharapkan sebagai salah satu penunjang aktifitas di setiap OPD yang ada.

Aplikasi ini diluncurkan sesuai dengan peraturan Presiden No 95. Tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini merupakan instruksi langsung dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Launching Aplikasi SRIKANDI sendiri dilaksanakan pada Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD Pemko Dumai maupun yang mewakili. Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS diwakili oleh Sekdako Dumai H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si memimpin secara langsung pelaksanaan launching ini, Kamis (21/3/2024).

Nantinya, Srikandi ini dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang menggandeng Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Dumai. SRIKANDI sendiri akan memudahkan urusan administrasi tiap tiap OPD Pemerintah Kota Dumai yang diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja layanan Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai Hj. R Dona Fitri Illahi, SKM, M.Si menyampaikan bahwa kehadiran SRIKANDI merupakan salah satu langkah Pemerintah untuk mendukung digitalisasi dan penguatan pada kearsipan yang berbasis digital. Selain itu, SRIKANDI sendiri memiliki sistem pengelolaan yang cukup mudah dan tidak terlalu rumit.

Disisi lain, Sekdako berharap Srikandi menjadi aplikasi dalam menguatkan sistem akses informasi di setiap OPD.
“Kehadiran SRIKANDI ini kita harapkan memberikan akses terbaik untuk penguatan administrasi di OPD. Selain itu, kita berharap agar OPD terus berkomunikasi jika menemui kendala dalam penggunaan SRIKANDI ini kedepan” ujar Sekdako.

Acara ini dihadiri Kepala OPD se Kota Dumai atau yang mewakili sekaligus melaksanakan penandatanganan komitmen penggunaan SRIKANDI setiap OPD yang ada dilingkungan pemerintah Kota Dumai.

Aplikasi SRIKANDI adalah Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang diciptakan karena sesuai aturan dari peraturan Presiden No 95. Tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini merupakan instruksi langsung dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Launching Aplikasi SRIKANDI sendiri dilaksanakan pada Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD Pemko Dumai maupun yang mewakili. Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS diwakili oleh Sekdako Dumai H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si memimpin secara langsung pelaksanaan launching ini, Kamis (21/3/2024).

Pengelolaan SRIKANDI ini nantinya menjadi tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang menggandeng Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Dumai. SRIKANDI sendiri akan memudahkan urusan administrasi tiap tiap OPD Pemerintah Kota Dumai yang diharapkan akan semakin meningkatkan kinerja layanan Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai Hj. R Dona Fitri Illahi, SKM, M.Si menyampaikan bahwa kehadiran SRIKANDI merupakan salah satu langkah Pemerintah untuk mendukung digitalisasi dan penguatan pada kearsipan yang berbasis digital. Selain itu, SRIKANDI sendiri memiliki sistem pengelolaan yang cukup mudah dan tidak terlalu rumit.

Membenarkan pernyataan Ka. Dispersip Kota Dumai, Sekdako Dumai menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Dumai sangat mendukung proses digitalisasi terutama yang berkaitan dengan proses administrasi. Hal ini selain memudahkan tentu akan memberikan efek lain seperti arsip tersimpan secara digital dan sebagainya.

“Kehadiran SRIKANDI ini kita harapkan memberikan akses terbaik untuk penguatan administrasi di OPD. Selain itu, kita berharap agar OPD terus berkomunikasi jika menemui kendala dalam penggunaan SRIKANDI ini kedepan” ujar Sekdako.

Selanjutnya didampingi Ka. Diskominfotiksan dan Ka. Dispersip, Sekdako langsung melaksanakan launching penggunaan aplikasi SRIKANDI. Setelahnya, setiap kepala OPD yang hadir langsung melaksanakan

Bagikan:

Iklan