infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Peran Paman Birin dalam Transformasi Luar Biasa: Kebun Raya Banua Banjarbaru, Kalsel

Peran Paman Birin dalam Transformasi Luar Biasa: Kebun Raya Banua Banjarbaru, Kalsel

Wakil Kepala BRIN, Amarulla Octavian, dalam kunjungannya di Banjarbaru, Senin (29/04/2024), setelah berkunjung ke Kebun Raya Banua.

Banjarbaru, infobanua.co.id – Peran Strategis Paman Birin dalam Transformasi Kebun Raya Banua Banjarbaru, Kalimantan Selatan – Kebun Raya Banua, terletak di kawasan Perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan, semakin menarik perhatian nasional dengan sorotan khusus dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kebun raya yang memiliki luas mencapai 100 hektar ini telah diakui sebagai percontohan pengembangan kebun raya di Indonesia.

Dalam kunjungan BRIN ke Banjarbaru pada Senin (29/04/2024), Wakil Kepala BRIN, Amarulla Octavian, menyampaikan kesan positifnya setelah melihat langsung dan mendengar paparan tentang Kebun Raya Banua. Ia menyatakan, “Kebun Raya Banua sangat bagus dan layak menjadi percontohan kebun raya di seluruh Indonesia.”

Pertemuan penting mengenai Pengembangan Kebun Raya Banua dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin. Diskusi ini menjadi momentum bagi BRIN untuk memberikan saran dan masukan, termasuk perlunya riset lebih lanjut mengenai khasiat tanaman yang ada di kawasan tersebut.

BRIN menegaskan komitmennya untuk mendukung pengembangan Kebun Raya Banua hingga mencapai standar internasional. Mereka bahkan berencana menerapkan teknologi terbaru yang memungkinkan pengelolaan yang lebih efisien dan terkontrol dari jarak jauh.

Adilla Yanti, Kepala Kebun Raya Banua, mengungkapkan apresiasi atas dukungan besar yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Paman Birin. “Dukungan yang kami terima dari BRIN dan Paman Birin telah menjadi katalisator bagi kemajuan pesat Kebun Raya Banua,” ujarnya.

Kebun Raya Banua, yang dulunya merupakan bekas lahan pertambangan intan tradisional, berhasil direklamasi menjadi salah satu kebun raya terbaik di Indonesia. Penghargaan yang diterimanya sebagai kebun raya terbaik kedua se-Indonesia merupakan pengakuan atas komitmen dan konsistensi dalam menjalankan fungsi-fungsi kebun raya. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa investasi dalam konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.”

Bagikan:

Iklan