infobanua.co.id
Beranda KALTENG Jembatan Pulau Telo Kapuas ‘Bergoyang’ Akibat Ditabrak Kapal Tugboat Kutama 99

Jembatan Pulau Telo Kapuas ‘Bergoyang’ Akibat Ditabrak Kapal Tugboat Kutama 99

KUALA KAPUAS-Kapal tugboat atau kapal tunda Kutama99 yang memuat exsavator dan train, dikabarkan menabrak Jembatan Pulau Telo yang berada di Kelurahan Selat Barat Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, Senin (29/4/2024). Akibat benturan keras itu menyebabkan retaknya aspal jalan yang ada diatas jembatan.

Disebutkan warga selain retaknya aspal jalan diatas Jembatan Pulau Telo juga mengakibatkan beberapa klem pengaman sisi jembatan terlepas. Bahkan ketika dilewati truk bermuatan, kondisi jembatan menjadi bergetar dan sedikit bergoyang.

“Memang benar bang ada kapal tongkang yang bermuatan Excavator dan train tiba-tiba menabrak jembatan pulau telu dengan keras.Kami bersama warga sekitar dikagetkan dengan suara benturan yang nyaring,begitu kami lihat ternyata ada sebuah kapal tongkang bermuatan yang menabrak jembatan,.” kata Imus warga sekitar yang melihat adanya kapal tugboat menambrak jembatan, Selasa (30/4/2024).

Terpisah Pejabat Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan, jikalau memang itu terjadi atas dasar kelalaian pihak penabrak maka semestinya mereka harus bertangung jawab. Dikarenakan jembatan yang ditabrak merupakan salah satu aset milik negara.

Meskipun lanjut Erlin Hardi keberadaan Jembatan Pulau Telu adalah kewenangan pusat, sejatinya pihak penabrak wajib bertangung jawab. Pj Bupati Kapuas,menuturkan pihaknya akan mempelajari dan mendalami kronologis kejadian tersebut,sehinga bisa menyimpulkan apakah ada unsur kelalaian atau yang lainnya dari pihak penabrak jembatan tersebut.

Pantauan media ini dilapangan apa yang dikatakan warda setempat,memang benar adanya sebab ditemukan kondisi aspal jalan yamg retak begitu juga dengan sisi pengaman sebealah kanan jembatan ada klem yang lepas.

Terkait Kapten Kapal Kutama99 bersama ABK diamankan Polairud Polres Kapuas serta diserahkan langsung ke dipolairud Polda Kalteng. (Angga)

Bagikan:

Iklan