infobanua.co.id
Beranda Jawa Timur Hati-hati Menggunakan Jasa Bus Pariwisata

Hati-hati Menggunakan Jasa Bus Pariwisata

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, drh. Adi Andaka.

Blitar, infobanua.co.id – Maraknya kecelakaan Bus pariwisata baru-baru ini, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Blitar, menjadi perhatian yang setius.

“Mengapa tidak pariwisata atau study tour di wilayah Blitar saja, kenapa harus keluar daerah Blitar,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kabupaten Blitar, drh. Adi Andaka, Jum’at 24-05-2024.

Menurut Adi Andaka, setelah ada peristiwa kecelakaan bus pariwisata di Depok dan di tol Jombang Jawa-Timur, baru-baru ini, pihaknya labgsung mengadakan rapat internal lintas instansi, mulai dari Dinas Perhubungan hingga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Blitar.

“Pointnya ada sekolah yang berencana pariwisata atau studi tour, harus mengutamakan wisata di wilayah Blitar dari pada luar daerah. Sebab wisata Blitar juga tidak kalah eksotiknya,” jlentrehnya.

Lebih dalam Adi Andaka menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum ada rencana untuk melarang studi tour. Hanya sekedar himbuan dulu.

Karena untuk studi tour biasanya sekolah sudah koordinasi dengan komite sekolah, jauh-jauh hari.

“Jadi utamakan wisata Blitar dulu, baru kalau sudah lengkap boleh keluar daerah, intinya tidak melarang tapi hanya himbauan,” ungkapnya.

Masih menurut Adi Andaka, sebenarnya bila dikaji wisata Kabupaten Blitar-pun juga tidak kalah menariknya dengan yang diluar sana.

Mulai dari wisata alam berupa pantai, goa, pegunungan, perkebunan hingga hutan.

Seperti pantai Tambakrejo, Serang, Peh Pulo, Pangi, ada goa umbul tuk, perkebunan teh dan yang lainnya.

Disamping itu juga ada wisata buatan dengan berbagai keunggulannya.

Untuk itu jika memang tetap meng-agendakan studi tour ke luar daerah hendaknya harus benar-benar teliti memilih transportasinya.

“Pastikan penyelenggaranya legal, kelayakan bus dan yang lainnya,” pungkasnya.

Untuk sekedar diketahui bahwa, dalam beberapa pekan ini terdapat banyak peristiwa bus pariwisata studi tour siswa berakhir celaka.

Terbaru warga Desa Banggle, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, meninggal, setelah bus yang ditumpanginya kecelakaan di tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur.

Bus memuat siswa-siswi SMP PGRI Malang usai wisata ke Yogyakarta.

Selain menewaskan dua warga, bus juga membuat belasan siswa-siswi penumpangnya terluka. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan