infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Pemkab Programkan Pasar Murah Untuk Kendalikan Inflasi

Pemkab Programkan Pasar Murah Untuk Kendalikan Inflasi

Kadis pertanian Kotim,Sepnita.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus memprogramkan pelaksanaan pasar murah untuk dapat mengendalikan inflasi yang terjadi di wilayah ini. Wakil Bupati Kotim Irawati mengatakan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat,gerakan pangan murah secara rutin terus dilakukan sebagai langkah dalam pengendalian inflasi.

“Program pasar murah secara rutin di kelurahan-kelurahan dan kecamatan. sampai dengan bulan maret lalu saja telah dilaksanakan sebanyak 10 kali dan akan terus dilaksanakan sampai akhir tahun,” ujarnya.

Kemudian dinas pertanian dan ketahanan pangan setempat pun menurutnya telah menyusun peta keamanan dan kerentanan pangan atau fsva (food security and vulnerability atlas). Dimana dapat digunakan sebagai bahan kebijakan daerah untuk penanganan daerah rawan pangan.
intervensi yang dapat dilaksanakan untuk penanganan rawan pangan adalah dengan menyalurkan cadangan pangan pemerintah daerah. Untuk diketahui kabupaten kotawaringin timur melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan telah memiliki cadangan pangan sebesar 42 ton.

“Ini siap disalurkan untuk keadaan darurat maupun daerah rawan pangan,” ucapnya.

Kemudian terkait dengan pembangunan pertanian di kabupaten kotawaringin timur pemerintah daerah selalu memperhatikan para petani melalui kelompok tani untuk mendukung pengembangan dan peningkatan produksi melalui bantuan sarana dan prasarana. dalam rangka penyediaan pangan mengutamakan hasil produksi pertanian setempat.

kemudian untuk mendukung sektor hilir atau pemasaran hasil pertanian, pemerintah memberikan dukungan melalui kegiatan pasar murah, dimana komoditas yang di jual pada pasar murah/gerakan pangan murah langsung disediakan oleh petani/pembudidaya ikan. Zainal.

Bagikan:

Iklan