infobanua.co.id
Beranda TAPIN KPU Tapin Lantik 405 Panitia Pemungutan Suara, Dominasi Perempuan dalam Persiapan Pilkada 2024

KPU Tapin Lantik 405 Panitia Pemungutan Suara, Dominasi Perempuan dalam Persiapan Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin melantik 405 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 135 kelurahan dan desa yang akan bertugas selama Pilkada Serentak 2024, pada Minggu (26/5/2024).

Rantau, infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin melantik 405 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 135 kelurahan dan desa yang akan bertugas selama Pilkada Serentak 2024, pada Minggu (26/5/2024). Usai pelantikan, PPS langsung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan berbagai materi terkait tugas dan fungsi mereka.

Ketua KPU Tapin, Fakhrian Noor, mengungkapkan bahwa 405 PPS yang dilantik ini mayoritas adalah perempuan, yang akan bertugas selama delapan bulan hingga Januari 2025. “Ini sudah berdasarkan evaluasi dan kami membuka peluang seluas-luasnya bagi perempuan sebagai bentuk kesetaraan gender, sehingga mereka lebih mendominasi,” ujar Fakhrian.

PPS yang telah dilantik akan segera membentuk struktur dan kesekretariatan, serta menggelar verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih awal Juni 2024. Dari 405 PPS yang dilantik, sekitar 30 persen adalah wajah baru, sementara sisanya telah berpengalaman dalam Pemilu Februari 2024.

Komisioner KPU Tapin, Tsauban Abqorie, menjelaskan bahwa materi Bimtek meliputi lima macam, yakni hubungan kelembagaan, kode etik, tata kerja, tugas, dan wewenang. “Kami harap, para PPS mengikuti Bimtek dengan baik sehingga mampu bertugas tanpa kendala di lapangan,” kata Tsauban.

Mewakili Pj Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Tapin, Zainal Abidin, berpesan kepada para PPS untuk profesional dalam bertugas dan memastikan tidak ada warga yang hak pilihnya terlewat. “Pendataan di lapangan harus sangat diperhatikan,” ujarnya.

Salah satu PPS, Aisyah dari Desa Pulau Pinang Utara, merasa senang bisa kembali bertugas sebagai panitia di tingkat desa untuk kali kedua ini. “InsyaAllah siap bertugas, semoga bisa berkontribusi baik dalam pemilihan kepala daerah tahun ini,” ucap Aisyah yang kesehariannya adalah seorang guru TK.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan