infobanua.co.id
Beranda KALTENG Masjid Nurul Huda Direhab Beton Gunakan Dana Hibah Dan Swadaya Masyarakat Desa Palangkau Lama

Masjid Nurul Huda Direhab Beton Gunakan Dana Hibah Dan Swadaya Masyarakat Desa Palangkau Lama

KUALA KAPUAS- Masjid Nurul Huda dibangun mulai tahun 1986,dengan mengunakan bahan kayu kala itu, seiringnya waktu keberadaan Masjid Nurul Huda Desa Palangkau Lama, lapuk dimakan usia. Oleh karena itu pada tahun 2023 jajaran Pemerintah Desa,Kecamatan Kapuas Murung, Kqbupaten Kapuas,mengusulkan melalui profosal yang ditujukan kepada Dinas PUPRKP Kabupaten Kapuas.Alhasil saat itu pihak DPUPRKP Kapuas,menyetujui profosal yang diajukan Pemdes Palangkau Lama, dengan membangun pondasi Masjid Nurul Huda pada tahun 2023 kala itu.

Setelah pembangunan pondasi masjid nurul huda tahun 2003 kemarin, akhirnya Pemdes Palangkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas,mencoba lakukan pengusulan melalui program dana hibah yang anggaran dari Pemerintah.Berkat ketekunan dan kesabaran akhirnya Desa Palangkau Lama, mendapatkan kucuran dana hibah sebesarRp 100 Juta rupiah dari Pemkab Kapuas, kemarin. Usai diserahkan dana hibah oleh Pemkab Kapuas,pihaknya bersama pengurus Masjid Nurul Huda dan warga masyarakat setempat langsung mengadakan rapat terkait peruntulan dana hibah tersebut.Demikian ungkap Hj. Rabiatul Adawiyah, A.Md . Keb. Kades Palangkau Lama, tepatnya Sabtu 1 Juni 2024.

Hasil kesepakatan bersama melalui forum rapat dengan pengurus masjid nurul huda bersama warga, maka pihaknya sepakat mengumpilkan dana penanmbahan pembangunan masjid nurul huda. Dengan cara swadaya atau gotong royong agar bajeting dana untuk membangun masjid nurul huda desa palangkau lama akan tercukupi. Sehinga pembangunan Masjid Nurul Huda dengan rancangan Beton ini akan terselesaikan sesuai harapan khalayak ramai.

Lalu lanjut Kades Palangkau Lama menambahkan,saat sekarang panitia pembangunan Masjid Nurul Huda Palangkau Lama, masih berjuang dengan cara mengumpulkan dana secara Swadaya. Diantaranya sesuai Notelen rapat kala itu pihak panitia akan mengumpulkan dana dengan cara meminta uang pada warga tanpa menentukan nilai nominalnya uang yang dipinta.Artinya pihaknya meminta pada warga secara suka rela tanpa adanya paksaan atau tekanan,pengumpulan dana juga ditujukan bagi seluruh umat Muslim yang ada di Desa Palangkau Lama.

Saat ini pun panitia pembangunan masjid nurul huda,masih lakukan pengumpulan dana terhadap warga,yang mau membantu secara sukarela menyisihkan sedikit rezekinya agar proses pembangunan masjid terselesaikan dengan cepat dan baik. Dituturkan Kades Palangkau Lama pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dana hibah yang diberikan oleh Pemkab Kapuas. Selain itu Pemdes Palangkau Lama juga sangat mengaprisiasi sekaligus haturkan terima kasih yang mendalam terhadap warga masyarakat desa palangkau lama, yang sudah suka rela dan gotong royong dan telah berkontribusi pada pembangunan masjid nurul huda yang kita cintai dan banggakan.” Tutup Kades Palangkau Lama. (Angga)

Bagikan:

Iklan