infobanua.co.id
Beranda Daerah Evaluasi 100 Hari Kerja, Menteri AHY Sampaikan Kemajuan dan Rencana Strategis

Evaluasi 100 Hari Kerja, Menteri AHY Sampaikan Kemajuan dan Rencana Strategis

Jakarta, infobanua.co.id – Dalam rangka merayakan 100 hari kerja sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar pertemuan dengan insan pers di Aula Prona Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (7/6/2024). Pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 150 media nasional ini menjadi momen penting untuk memaparkan capaian dan langkah-langkah strategis kementerian.

“Sejak awal, saya telah berkomitmen untuk mengutamakan transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas pemerintahan. Melalui pertemuan ini, kami ingin melaporkan apa yang telah kami kerjakan, tantangan yang dihadapi, serta peluang yang ada,” ujar Menteri AHY.

Selama 100 hari masa jabatannya, AHY fokus pada tiga arahan utama Presiden Joko Widodo, yaitu:

  1. Sertifikasi Tanah Elektronik: Mempercepat penerapan sertifikasi tanah secara elektronik agar lebih efisien dan masif.
  2. Revisi Peraturan Pemerintah: Melakukan revisi PP Nomor 18 Tahun 2021 terkait pemberian hak atas tanah untuk mendukung pelaksanaan carbon trading.
  3. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL): Menargetkan pendaftaran 120 juta bidang tanah.

Setelah dilantik, AHY segera melakukan “belanja masalah” dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memahami tantangan di bidang agraria dan tata ruang. “Sebagai orang yang baru di ATR/BPN, saya harus cepat belajar dan memahami permasalahan, baik di kantor maupun di lapangan, serta berkoordinasi dengan lembaga terkait,” jelasnya.

Dalam pemaparannya, AHY mengungkapkan beberapa capaian penting, seperti kemajuan program PTSL, penataan ruang, dan progres Kabupaten/Kota Lengkap. Ia juga menyoroti percepatan implementasi Sertipikat Tanah Elektronik, program Reforma Agraria, pengadaan tanah untuk kepentingan umum, dan upaya penyelesaian sengketa pertanahan.

“Saya berharap media bisa membantu menyosialisasikan program Sertipikat Tanah Elektronik ini. Masyarakat perlu memahami manfaatnya agar lebih banyak yang memanfaatkan layanan ini,” ungkap AHY.

Menutup pemaparan, AHY membeberkan rencana kerja 100 hari ke depan, berharap dukungan dari media untuk terus mengawal dan mendukung program prioritas Kementerian ATR/BPN. “Kami ingin terus bergerak cepat dan semangat. Dukungan dari media sebagai pilar akuntabilitas dan transparansi sangat penting agar program kami semakin diterima oleh masyarakat,” tutupnya.

Setelah sesi pemaparan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan ramah tamah dengan para awak media. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni, serta para pejabat tinggi Madya Kementerian ATR/BPN.

IB

Bagikan:

Iklan