infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Pj Gubernur Kaltim Resmikan Sumur Bor di Desa Sumber Sari, Pemkab PPU Siap Penuhi Fasilitas Pemenuhan Air Baku

Pj Gubernur Kaltim Resmikan Sumur Bor di Desa Sumber Sari, Pemkab PPU Siap Penuhi Fasilitas Pemenuhan Air Baku

PENAJAM, Infobanua.co.id, – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik resmikan bantuan sumur bor Desa Sumber Sari.

Usai meremsikan Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik menyampaikan, penyediaan air baku dan air bersih untuk masyarakat ini merupakan ikhtiar pemerintah menekan angka kemiskinan.

Sebab salah satu parameter penilaian kemiskinan adalah akses pemenuhan kebutuhan air. Dengan tersedianya air bersih ini, maka tingkat kemiskinan secara otomatis juga akan menurun.

“Tahun ini Pemprov Kaltim membangun sumur dalam untuk penyediaan air bersih di empat desa di PPU yakni, Desa Sumber Sari, Rawa Mulya, Rintik dan Babulu Laut”. ucapnya.

Pemprov Kaltim akan mengalokasikan pembangunan sumur dalam untuk delapan lokasi desa Iainnya di PPU.

Akmal juga  mengingatkan agar Dinas PUPR Kaltim juga segera menyiapkan lokasi pembangunan sumur dalam air bersih di kabupaten dan kota Iainnya di Kaltim.

Ia juga berpesan agar fasilitas yang baru saja diremsikannya dapat dimanfaatkan dan dijaga bersama. Ia berharap seluruh element pemerintahan dapat berkolaborasi dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kaltim secara umum,

“Jangan sampai sudah dikasih, tapi tidak bisa menyiapkan listrik, jangan sampai alat-alat di sini karatan tidak bermanfaat, ini harus dijaga dan dirawat termasuk juga kases jalan untuk masyarkat dan sarana penghubung lainnya terhadap keberadaan sumur bor ini” Pungkasnya

Sementara Asisten I Bidang Perekonomian dan Kesra Setkab PPU, Nicko Herlambang saat ditemu usai peresmian sumur bor menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemrov kaltim serta dengan unsur vertikal lainnya yang terlibat langsung.

“ Alhamdulilah Pemkab PPU sangat berterimakasih tahun ini ada 4 desa yang dibangun sumur bor dan termasuk juga di tahun 2025 ada 8 desa. Memang kegiatan ini tidak bisa semertamerta bergantung pada pemprov saja, tetapi harus didukung dengan sinergi dan kolaborasi baik Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa”. ucap Nicko

Nicko juga mengatakan sesuai dengan arahan Pj. Gubernur, bahwa sumur bor ini harus ditunjang dengan aliran listrik sehingga untuk mendukung keberlangsungan sumur bor ini pemerintah desa segera berkordinasi dengan PLN agar aliran listrik di area sumur segera terealisasi dengan diselaraskan dengan program desa yang bersumber dari dana desanya.

“ Pemkab PPU segera mengintruksikan pemerintah Desa setempat terkait untuk langsung menselaraskan pemenuhan fasilitas penunjang seperti Listrik, dan bisa berkordinasi langsung dengan PLN serta dapat di alokasikan melalui program annggaran desa setempat” jelasnya kepada media ini.

Dikatakan Nicko, kedepan guna mendukung program pemenuhan air bersih ini bagi masyarakat, pemerintah daerah akan mencoba menganggarkan terkait pipanisasi sehingga air sumur bor ini dapat dialirkan kerumah-rumah warga.

“ Keberlanjutan program ini jadi perhatian kita kedepannya, karena harapannya bisa terkoneksi ke wilayah-wilayah terdekat yang ada di desa Sumber Sari apalagi kapasitas air yang dihasilkan sangat besar dan cukup untuk wilayah Desa Sumber Sari,” tandasnya (kominfo/adv)

Bagikan:

Iklan