infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA Ikatan Warga Sulawesi Selatan Kota Dumai Santuni Anak Yatim

Ikatan Warga Sulawesi Selatan Kota Dumai Santuni Anak Yatim

Dumai – Bertempat Di Masjid Habiburrahman Dumai Islamic Center Jalan Soebrantas Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, PC Ikatan Warga Sulawesi Selatan Kota Dumai Menggelar Santunan Anak Yatim.
Sebagai Salam pembuka membacakan ayat suci al Qur,an oleh Yarni

dr. Dewi Suhada Sierang selaku Ketua PC .IW SS kota Dumai, “Agenda Peringatan Bulan Muharram ini dengan menyantuni anak yatim merupakan salah satu program dari giat rutin PC IWSS kota Dumai, sebagai tanda syukur nikmat kami atas karunia allah berikan kesehatan dan rezeki untuk dapat berbagi, menyantuni dan bersedekah,” ujarnya

Santunan anak yatim yang di laksanakan.oleh PC – IWSS Kota Dumai turut Hadir Walikota Dumai yang di wakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Yusrizal.S.Sos.Msi, ustad Rio Sidapta.SPd.i, Ibu-ibu Majelis Taqlim , yang di lanjutkan dengan penyerahan santunan secara simbolis oleh Asisten pembangunan dan kesra didampingi oleh dr.Dewi Suhada Sierang, ustad, dan pengurus.

Acara di isi dengan Tausiyah agama yang di bawakan oleh ustad Rio Sidapta.Spd.i Bertemakan “Bulan Muharram adalah bulannya anak yatim”.
mengapa bulan Muharram di katakan bulan anak yatim, karena pada bulan muharram inilah bulan yang Hari ini kerap disebut sebagai lebaran anak yatim. Bukan tanpa alasan, amalan ini dianjurkan oleh Nabi saw karena keutamaan bulan Muharram dan keutamaan menyantuni yatim sendiri. Artinya, “Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.” (QS. Al Insan [76]:8).

Sementara dalam hadits, perihal keutamaan menyantuni anak yatim ini telah dipesankan oleh Rasulullah saw:
“Abu Umamah meriwayatkan bahwa Nabi saw. bersabda, “Barang siapa mengusap kepala yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan. Barang siapa berbuat baik kepada yatim di sekitarnya, maka ia denganku ketika di surga seperti dua jari ini.” Nabi memisahkan dua jarinya; jari telunjuk dan jari tengahnya.” (HR Ahmad).

Tak hanya itu, menyantuni dan mengusap kepala anak yatim, juga menjadi penawar hati yang keras, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah saw.

Artinya, “Pernah ada seorang laki-laki sowan kepada Rasulullah dan mengeluhkan kekerasan hatinya, lalu beliau berpesan, ‘Apakah kamu ingin hatimu lembut dan hajatmu terkabul? Sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, berilah ia makan dari makananmu, maka hatimu akan lembut dan hajatmu akan terkabul.’” (HR At-Thabarani).

Dari pesan hadis di atas, dapat ditarik satu kesimpulan bahwa syariat Islam begitu peduli terhadap nasib anak-anak yatim. Bahkan, Rasulullah saw telah mencontohkan secara langsung dan menunjukkan keutamaannya di akhirat kelak orang yang menyantuni anak yatim dengan dirinya seperti jari telunjuk dan jari tengahnya, ketika.menyantuni anak yatim maka kita harus benar mengikhlaskan dan jangan pernah ada rasa kekesalan jika ingin mendapat ridho di bulannya allah
acara di tutup dengan pemberian santunan anak yatim yang berjumlah 15 orang dari PC – IWSS kota Dumai dan 15 anak yatim dari Muslimah Peduli Negeri kota Dumai, total.keseluruhan 30 anak yatim

Bagikan:

Iklan