infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Masyarakat Sambut Positif, Layanan Kunjungan Keluarga Warga Binaan Lapas Sampit

Masyarakat Sambut Positif, Layanan Kunjungan Keluarga Warga Binaan Lapas Sampit

Kunjungan keluarga dan kerabat warga binaan Lapas Sampit.(Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Layanan kunjungan untuk keluarga merupakan harapan utama pelayanan di Lapas kelas IIB Sampit dan ini yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terutama keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan.

Hal ini dapat dicontohkan seperti , Selasa (10-09-2024), masyarakat sudah banyak berkumpul di halaman depan Lapas. Mereka antusiasme dengan pelayanan tersebut yang kebanyakan kerabat warga binaan untuk menemui atau menjenguk keluarganya yaitu warga Binaan yang masih menjalani pidana didalam Lapas.

Pelayanan kunjungan keluarga warga binaan ini, sudah diatur dalam Undang Undang Pemasyarakatan nomor 22 Tahun 2022 Pasal 9 huruf i menyatakan Narapidana berhak menerima atau menolak kunjungan dari keluarga, advokat, pendamping, dan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut Lapas Sampit selalau berusaha memenuhi hak hak Warga Binaannya, termasuk hak menerima kunjungan keluaraga tersebut.

Di samping itu juga Lembaga pemasyarakatan Sampit terus mengevaluasi pelayanan kunjungan keluarga warga Binaan ini sebagai upaya optimalisasi pelayanan, layanan kunjungan yang dulunya dilaksanakan dengan pembatasan menggunakan abjad nama depan Warga Binaan kini Lapas Sampit sudah memperbolehkan Warga Binaan dikunjungi keluargannya setiap hari.

Kalapas Sampit, Meldy Putera menyampaikan kepada awak media, bahwa kunjungan keluarga ini banyak manfaatnya bagi Warga Binaan mereka bisa berkomunikasi dengan keluarga kerabat dan ini juga membawa hal yang positif.

“Kunjungan keluarga memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk merasakan kasih sayang dan dukungan moral dari keluarga mereka. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk memperbaiki diri,tidak merasa dikucilkan sehingga menghindari perilaku negatif, dan bisa merencanakan masa depan yang lebih baik” tutur Meldy.

Lebih lanjut Meldy menyampaikan merasa senang apabila Lapas Sampit bisa melaksanakan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Tidak hanya layanan kunjungan keluarga, di Lapas sampit ini juga ada layanan layanan lainya seperti layanan pengurusan hak integrasi warga binaan.

“Semua Layanan di Lapas Sampit ini tanpa biaya atau gratis” tutup Meldy

Zainal.

Bagikan:

Iklan