infobanua.co.id
Beranda KALTIM Berau BIMTEK SPP-TIK Implementasi Program TPBSI Pengolahan Perpustakaan Keluarahan dan Kampung

BIMTEK SPP-TIK Implementasi Program TPBSI Pengolahan Perpustakaan Keluarahan dan Kampung

BERAU, infobanua.co.id – Kepala Dispusip Kabupaten Berau Drs.Yudha Budisantosa, membuka Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bimtek SPP-TIK) yang diselenggarakan oleh Dispusip Kabupaten Berau secara mereplikasi mandiri dari Perpusnas RI.

Kegiatan berlangsung sejak tanggal 10-11 September 2024 di Kantor Dispusip Kabupaten Berau yang diikuti 20 orang terdiri dari 2 pengelola Perpustakaan Desa, 1 PIC Bangka Selatan dengan 2 Pengelola Perpustakaan Desa.

Kepala Dispusip Yudha dalam arahannya mengatakan, Bimtek SPP-TIK ini bagian dari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Program ini dilaksanakan di 600 perpustakaan desa/kelurahan di 143 kabupaten/kota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

TPBIS itu sendiri dilaksanakan dalam rangka penguatan kegemaran membaca dan literasi masyarakat dan mewujudkan perpustakaan layak kunjung sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) agar Pemustaka nyaman mengakses informasi di perpustakaan di tingkat desa yg dekat dengan tempat tinggalnya.

“Untuk mendukung keberhasilan kegiatan tersebut, maka Dispusip Kabupaten Berau menyelenggarakan replikasi mandiri Bimtek SPP – TIK ini,” kata Kepala Dispusip Yudha.

Dijelaskannya, tujuan Bimtek SPP-TIK diantaranya Pertama, meningkatkan pemahaman tentang konsep transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Kedua, meningkatkan pemahaman tentang strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial meliputi peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat dan advokasi.Ketiga, meningkatkan pemahaman tentang pemantauan dan evaluasi program, Keempat, menguatkan komitmen untuk membangun literasi masyarakat desa melalui transformasi perpustakaan.

“Harapan saya seluruh peserta yang mengikuti Bimtek ini bisa mengimplementasikan Program TPBIS di daerahnya sesuai dengan konten lokal masing-masing, sehingga dapat mencapai kesejahteraan masyarakat,” harap Kadis.

Bimtek SPP-TIK tersebut menghadirkan fasilitator ahli, diantaranya Titia Rani Tyas Dita pustakawan Dispusip Kabupaten Berau dan Ratna Fitriyani Pustakawan Dispusip Kota Balikpapan. (Tia/Dispusip/Ski Avd)

Bagikan:

Iklan