infobanua.co.id
Beranda Health Operasi Mata Sepenuhnya Dijamin Oleh Program JKN

Operasi Mata Sepenuhnya Dijamin Oleh Program JKN

Elen (67) adalah salah satu peserta Jaminan Sosial Kesehatan (JKN) yang telah memanfaatkan kepesertaannya untuk operasi mata karena katarak. Elen menuturkan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan Program JKN.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Elen (67) adalah salah satu peserta Jaminan Sosial Kesehatan (JKN) yang telah memanfaatkan kepesertaannya untuk operasi mata karena katarak. Elen menuturkan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan Program JKN. Pasalnya pelayanan yang ia terima dari pemeriksaan mata, operasi, hingga perawatannya ditanggung tanpa biaya sepeser pun.

 

“Penglihatan saya benar-benar terganggu karena katarak ini, ya namanya ibu ini sudah usia senja ya, segala aktivitas yang bisa dilakukan pastinya serba terbatas, ditambah penglihatan yang kurang baik tentu akan sangat mengganggu. Akhirnya ibu periksakan mata ke dokter dengan JKN dan kata dokter mata ibu perlu penanganan operasi sebelum makin parah. Akhirnya ibu dirujuk ke rumah sakit, dan setelah menerima perawatan di rumah sakit akhirnya mata ibu ditindak untuk dilakukan operasi. Hingga operasi pun masih menggunakan JKN, jadi ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pelayanan mata ibu ini,” ujar Elen membagikan pengalamannya.

 

Tidak berhenti sampai di situ, dirinya pun masih rutin melakukan kontrol perawatan matanya pasca operasi dan masih rutin mengambil obat untuk pemulihan matanya. Menurutnya JKN-KIS hadir sebagai solusi pada setiap masalah kesehatan, di tengah kondisi biaya pengobatan yang semakin mahal saat ini, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap bisa terus mendapatkan pelayanan kesehatan berkat kehadiran Program JKN.

 

“Program JKN memang dihadirkan sebagai solusi bagi kita yang memerlukan penanganan pengobatan tanpa perlu khawatir memikirkan biayanya. Ibu sebagai contohnya, dari awal perawatan hingga operasi mata yang dijalani, berapa biaya yang harus ibu keluarkan bila tidak terdaftar sebagai peserta JKN, pastinya sangat besar. Bahkan sampai sekarang pun masih menggunakannya untuk keperluan perawatan dan obat untuk pemulihan mata,” kata Elen kepada tim Jamkesnews saat ia sedang mengantre mengambil obat di salah satu rumah sakit di Kota Banjarmasin, Kamis (29/09).

 

Di akhir perbincangannya dengan tim Jamkesnews, Elen menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah yang telah hadir dengan Program JKN sehingga manfaatnya benar-benar bisa langsung dirasakan oleh banyak orang termasuk dirinya.

 

“Terima kasih saya sampaikan, semoga program ini dapat terus ada untuk membantu setiap orang yang memerlukan pengobatan tanpa dipusingkan biaya yang mahal,” tutup Elen. (YG/gn)

Bagikan:

Iklan