infobanua.co.id
Beranda TAPIN TIm Peneliti Unlam Fakultas Pertanian Kunjungi Bupati Tapin Terkait Rencana Penelitiannya

TIm Peneliti Unlam Fakultas Pertanian Kunjungi Bupati Tapin Terkait Rencana Penelitiannya

RANTAU,- Tim Peneliti Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Pertanian Banjarbaru mengunjungi Bupati Tapin HM.Arifin Arpan untuk bersilahturahmi sekaligus rencana mereka melakukan penelitian tentang cabai hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin dan dalam peran sistem agribisnis dari hulu sampai ke hilir yang dapat meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi. Senin (28/9) di Aula Bapelitbang Tapin.

Tim Peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat ini datang setelah Bupati Tapin selesai wawancara melalui aplikasi zoom dengan tabloid Agri Asri Kementerian Pertanian RI.

DR.Ir.Yusuf Azis bersama DR.Emy Rahmawaty,MP Peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Pertanian mengatakan bahwa pihaknya hingga akhir tahun ini bakal melakukan penelitian cabai hiyung dalam agri bisnis secara utuh dari hulu sampai hilir.

“Kami akan memberikan masukan kepada pemerintah daerah ini bagaimana kondisi Hiyung saat ini dan bagaimana pengembangannya kedepan. Kami sebagai orang Fakultas ingin cabai hiyung ini lebih maju dan berkembang,”katanya.

“Waktu penelitian kita rencananya sampai akhir Desember 2020 nanti selesai, meskipun dalam proyek ini kami agak terlambat,”katanya.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan sempatkan diskusi dengan tim peneliti. Dimana Bupati
meminta pengawalan pihaknya untuk turut mengembangkan dari hulu ke hilir. Karena sektor pertanian di Tapin menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Tapin.

Diceritakan Bupati Tapin, “sebelum adanya tanaman cabai hiyung ini mata pencarian warga khususnya petani disana rata-rata hanya mencari kayu galam dan sekarang berkat tanaman cabai hiyung ini mereka mendapatkan penghasilan lebih meningkat jauh lebih baik,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan