infobanua.co.id
Beranda Berita Covid19 Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Sasar Pasar Tradisional dan Wilayah Pedalaman Tapin Kalsel

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Sasar Pasar Tradisional dan Wilayah Pedalaman Tapin Kalsel

RANTAU, infobanua.co.id – Berkat operasi yustisi yang dilakukan Pemkab Tapin berbuah positif. Masyarakat dan para pedagang di Pasar Sejumput Tapin yang biasanya cuek abai protokol kesehatan, perlahan menumbuhkan kesadaran.

Mayoritas pedagang dan pengunjung pasar tradisional mengenakan masker bahkan menerapkan jaga jarak antara pedagang satu dan pedagang yang lain.

“Syukur Alhamdulilah, operasi yustisi protokol kesehatan yang gencar dilakukan. Masyarakat dengan kesadaran sendiri mulai taati aturan. Rata-rata sudah mengenakan masker,” kata anggota TNI dari Kodim 1010/Rantau Kapten Asep, Sabtu (3/10/2020).

Kata Asep, keberadaan Pasar Sejumput yang terletak di perempatan Jalan Perintis Raya Kabupaten Tapin yang selalu padat dan ramai ini memang jadi salah satu titik fokus operasi yustisi.

“Selain menyasar pasar-pasar tradisional, tim juga merangsek ke wilayah pedalaman yang ada di wilayah Kabupaten Tapin,” katanya.

Menurut Asep, dirinya melihat di pelosok pedalaman masih ada warga masyarakat belum sadar terhadap protokol kesehatan. “Karena itulah, kita galakan ke masyarakat di wilayah perdalaman agar mereka lebih sadar akan pentingnya mentaati protokol kesehatan,”katanya.

Hari ini kita melaksanakan operasi ke Pasar Sejumput di Perempatan Jalan Perintis Raya dan Ranggaman hingga sore harinya ke kawasan pedalaman lainnya. “Dalam operasi ini masyarakat juga ikut membantu mengingatkan warga lainnya untuk melaksanakan protokol kesehatan. Selalu mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” katanya didampingi tim dari Polres Tapin, Orari, dan Satpol-PP Damkar.

Sementara Kepala Desa Perintis Raya, M.Syarifudin Noor mengapresiasi Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Percepatan Penanganan Covid-19 yang dilakukan Tim Gabungan TNI-POLRI, Satpol PP, Orari ke Pasar Sejumput di desa kami.

“Kami mendukung kegiatan itu, dengan harapan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan ini rutin dapat dilaksanakan, karena disini tempat kerumun banyak orang. Jika masih ada warganya yang masih belum mengenakan masker saat beraktifitas berpergian keluar rumah tolong di tegur dan berikan masker kepada mereka,”katanya.

Selain itu, terkait menjaga jarak juga para pedagang di pasar ini diatur jaraknya dari satu dengan lainnya. Juga mencuci tangan pakai sabun, apalagi Desa Perintis Raya ini sudah menyediakan banyak tempat cuci tangan bagi seluruh warga desa ini.

“Jadi memakai masker saat aktifitas keluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan menjadi point’ yang sangat penting dilakukan agar pedagang dan warga sini terhindar selalu dari yang namanya Corona Covid-19 ini,”katanya.

Demikian Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tapin,H.Nasrullah yang juga warga setempat mendukung kegiatan itu.

“Intinya protokol kesehatan imbauan Pemerintah dalam menghadapi Covid-19 ini terus dijalani dan diikuti. Mulai dari memakai masker, Physical Distance menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun mau tidak mau harus diterapkan di kehidupan sosial di tengah masyarakat,”katanya.

“Diharapkan Corona Covid-19 di Kabupaten Tapin ini segera berlalu. Karena Covid-19 ini sudah sangat meresahkan sekali, mulai dari orang berusaha sulit dibatasi, orang tua kuatir terhadap anaknya mulai dari ke sekolah, hingga berpergian keluar, “katanya.

Penulis: Nasrullah

Bagikan:

Iklan