infobanua.co.id
Beranda TAPIN Tapin Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Terima Dipa dan TKDD TA.2021

Tapin Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Terima Dipa dan TKDD TA.2021

RANTAU, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapin kembali menerima penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-enam kalinya berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (1/12). Bertempat di Gedung Idham Chalid, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Penghargaan diserahkan oleh PLT.Gurbenur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan yang sekaligus menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2021 kepada Bupati/Walikota di Kalsel.

Penyerahan DIPA dan Rincian Alokasi TKDD ini tindak lanjut rangkaian acara yang sama di tingkat Nasional pada 25 November 2020 pekan kemarin.Sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam pernyataannya bahwa penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2021 dilaksanakan lebih awal diharapkan mampu mendukung penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan berbagai prioritas pembangunan strategis.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Provinsi Kalsel mendapatkan alokasi Rp16 triliun dari APBN. Alokasi tersebut terdiri dari Pemprov Kalsel Rp2,9 triliun dan selebihnya untuk 13 kabupaten kota di Kalsel termasuk Tapin.

Alokasi tersebut juga terdiri atas dana bagi hasil Rp3 triliun, dana alokasi umum (DAU) Rp7,7 triliun, dana alokasi khusus fisik Rp1,5 triliun, dana alokasi khusus non fisik Rp2,3 triliun, dana insentif daerah Rp445 miliar, dan dana desa Rp1,5 triliun.

Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan menyatakan DIPA yang diterimanya siap akan segera direalisasikan ke masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah. Kami berharap bisa menggerakkan ekonomi daerah dengan memanfaatkan APBN dan APBD dengan cermat, efektif, dan tepat sasaran. Kedepannya bisa lebih baik dan berhasil lagi untuk mempertahankan pemeriksaan keuangan,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan