infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Gubernur Kalsel Hadiri Hari Jadi ke-61 Batola, Berangsung Secara Hikmat dan Meriah

Gubernur Kalsel Hadiri Hari Jadi ke-61 Batola, Berangsung Secara Hikmat dan Meriah

Gubernur Kalsel berhadir  Resepsi Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang ke-61 di Gedung Serba Guna Marabahan, Selasa (05/01/2021). Kendati dalam situasi pandemi Covid-19, puncak perayaan dengan menerapkan protokol kesehatan ini terkesan cukup semarak.

 

Acara yang langsung dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor beserta isteri Hj Raudhatul Jannah, para anggota DPR dan DPD RI, para anggota DPRD provinsi, jajaran forkopimda, para pimpinan SKPD provinsi, serta para bupati/walikota atau yang mewakili beserta isteri ini menyuguhkan beberapa persembahan seperti Mars Bergerak, Mars Selidah, persembahan Tari Batuyang serta Hymne Bakumpai Pusaka Negeri.

 

Sebelum memasuki tempat acara, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan isteri Hj Raudhatul Jannah didampingi Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti diterima dengan tari penyambutan Mahelat Lebo.

Penampilan tarian yang pernah mendapat penghargaan terbaik tingkat nasional ini tampak mengundang kagum gubernur dan isteri peserta hadirin yang menyaksikannya.

 

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan ucapan selamat hari jadi kepada jajaran pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Barito Kuala.

“Semoga peringatan ini menjadi momentum untuk mensyukuri serta menghayati perjalanan panjang yang telah ditempuh menuju kabupaten mandiri, sejahtera, dan maju,” katanya.

Memasuki awal tahun 2021 yang penuh tantangan dan dinamika, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih melanda, gubernur mengingatkan, agar terus menjadi perhatian bersama. Mengingat masih banyak pekerjaan yang perlu dikerjakan untuk mewujudkan kesehatan, keselamatan, serta kesejahteraan masyarakat.

 

Terkait peringatan hari jadi, gubernur mengatakan, sepanjang perjalanan Barito Kuala hingga usia 61 tahun memiliki dinamika dan tantangan tersendiri dalam menjalankan proses pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam konteks ini, sebutnya, Pemprov Kalsel sangat mengapresiasi komitmen Pemkab Batola dalam mengupayakan peranserta masyarakat di setiap aspek pembangunan termasuk peningkatan kualitas di bidang pelayanan publik.

 

“Mari jadikan momentum peringatan ini sebagai refleksi mengukur dan mengevaluasi seluruh capaian pembangunan sekaligus menyelaraskan agenda kebijakan baik dengan yang diprogramkan provinsi maupun pusat,” ajak gubernur yang akrap disapa Paman Birin itu.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dalam sambutan tertulis Bupati Hj Noormiliyani AS di hadapan gubernur dan para hadiri menyampaikan progres capaian kinerja sepanjang tahun 2020 yang boleh dibilang merupakan tahun yang penuh dinamika karena sejak Maret dilanda wabah Covid-19 yang memberikan dampak langsung terhadap masyarakat terutama bidang ekonomi.

 

Kendati terjadi pengurangan dana transfer dari Pemerintah Pusat, sebutnya, untuk pelaksanaan Batola masih bisa mengalokasikan anggaran untuk program dan kegiatan prioritas seperti program kesehatan, pendidikan, pembangunan infrastruktur khususnya Program Kutabamara, Bedah Kampung Terintegrasi (BKT), Jejangkit Ecopark, serta program-program prioritas lainnya.

 

Selain itu juga terdapat beberapa kegiatan strategis yang menjadi kinerja pemkab dalam rangka menjalankan Visi Misi Membangun Desa dan Menata Kota terutama terkait perkembangan (Progres) Program Bedah Kampung Terintegrasi, perkembangan Pembangunan wilayah Kutabamara, perkembangan pembangunan wilayah dalam rangka Menata Kota, serta perkembangan pembangunan Jejangkit Ecopark.

 

Disebutkan pula, kinerja pemerintahan tahun 2020 Batola yang menyangkut capaian pengelolaan keuangan daerah dengan kualifikasi WTP, kinerja fasilitasi dan pembangunan manajemen pemerintahan desa serta esensi pemerintahan berupa optimalisasi pelayanan kepada masyarakat sehingga tahun 2021 ditetapkan sebagai Tahun Pelayanan Publik sesuai tema RKPD “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Menuju Kesetaraan.”

 

Pada tahun 2021 ini juga ditetapkan program Permata Bunda (Pemberian Makanan Tambahan untuk Ibu dan Anak mulai masa kehamilan sampai melahirkan) sebagai program prioritas.

 

Puncak Peringatan Hari Jadi ke-61 Batola ini juga dirangkai sejumlah penyerahan dan bantuan secara simbolis di antaranya bangunan shelter alat insenerator, alat inkobator limbah medis B3, forklift, mobil box, dan kendaraan roda 3 sebanyak 5 buah, penyerahan ambulance untuk RSUD Setara, penyerahan ambulance untuk Puskesmas Kecamatan Wanaraya, Barambai, Tabunganen, Anjir Muara, dan Desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak.

 

Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada Kades Asia Baru dan Patih Salera yang terpilih selama 3 periode, penyerahan penghargaan kepada Desa Karya Maju, Sawahan, Jejangkit Timur, Andaman, Barambai Kolam Kiri sebagai desa paling cepat pelunasan PBB-P2, serta penyerahan penghargaan kepada Desa Hilir Mesjid dan Barambai Kolam Kiri sebagai desa/kelurahan paling besar pelunasan PBB-P2.

 

 

Rel/IB

Bagikan:

Iklan